TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghibur Diri Ketika Weekend, Produktif!

Biar gak cuma rebahan dan scroll medsos aja

ilustrasi menghibur diri ketika weekend (pexels.com/Kindel Media)

Weekend merupakan waktu yang ditunggu-tunggu banyak orang setelah lima hari penuh beraktivitas. Ini adalah kesempatan untuk bersantai, melepaskan stres, dan mengisi ulang energi sebelum memulai minggu yang baru. Namun, terkadang weekend bisa terasa membosankan jika tidak diisi dengan kegiatan yang menyenangkan.

Apalagi kesibukan sehari-hari membuat kita kadang malah merasa bersalah apabila punya waktu luang dan santai saat weekend. Tenang saja, supaya weekend kamu lebih seru dan menyenangkan, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu coba untuk menghibur diri. 

1. Berburu kuliner di pasar tradisional

ilustrasi berburu kuliner (pexels.com/Oleksandr P)

Mengunjungi pasar tradisional bisa menjadi cara yang seru untuk menghabiskan weekend kamu, lho. Pasar-pasar seperti Pasar Kue Subuh Senen di Jakarta, Pasar Kranggan di Yogyakarta, atau Pasar Gede di Solo menawarkan pengalaman kuliner yang sangat beragam dan menarik. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai jenis makanan yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain, mulai dari jajanan kaki lima, makanan khas daerah, hingga bahan-bahan tradisional yang unik.

Selain itu, pasar tradisional juga memberi kesempatan untuk merasakan suasana lokal yang otentik. Kamu bisa berinteraksi dengan pedagang lokal, belajar tentang bahan-bahan tradisional, dan mendapatkan informasi langsung tentang cara pembuatan makanan. Berburu kuliner di pasar tradisional tidak hanya memuaskan perut, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang kaya dan berharga. Ini adalah kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia dan mungkin menemukan hidangan baru yang menjadi favoritmu.

2. Berkebun atau merawat tanaman

ilustrasi berkebun (pexels.com/cottonbro studio)

Berkebun atau merawat tanaman bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengisi waktu saat weekend. Kegiatan berkebun atau merawat tanaman tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga bisa menenangkan pikiran. Kamu bisa mulai dengan merawat tanaman hias di rumah atau mencoba menanam sayuran dan buah-buahan di kebun kecil jika ada.

Jika kamu tidak memiliki kebun, cobalah menanam tanaman dalam pot yang bisa ditempatkan di teras atau jendela rumah. Aktivitas ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu di akhir pekan sambil mempelajari lebih banyak tentang botani dan perawatan tanaman. Melihat tanaman yang kamu rawat tumbuh dengan baik, akan memberikan kepuasan tersendiri dan membuat weekend kamu terasa lebih produktif dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Produktif Bareng Pacar saat Weekend

3. Mengikuti kelas online atau workshop

ilustrasi mengikuti kelas online (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Weekend adalah waktu yang tepat untuk belajar hal baru tanpa tekanan dari siapa pun. Mengikuti kelas online atau workshop bisa menjadi cara yang menarik untuk menghibur diri sambil mendapatkan keterampilan baru yang menunjang kompetensimu di dunia kerja atau perkuliahan. Kamu bisa memilih topik yang menarik minatmu, misalnya saja mengikuti kelas online memasak, fotografi, atau bahkan belajar bahasa asing.

Banyak platform online yang menawarkan berbagai kursus dan workshop dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis. Ini adalah kesempatan bagus untuk mengembangkan hobi atau keterampilan baru tanpa harus keluar rumah. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini, ya. Selain itu, kamu juga bisa terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, dan membuat pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan.

4. Berkumpul dengan teman dan keluarga

ilustrasi berkumpul dengan teman (pexels.com/Ronê Ferreira)

Menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga adalah cara yang paling sederhana dan efektif untuk menghibur diri. Kamu bisa mengundang teman atau keluarga untuk berkumpul, berbincang-bincang, atau melakukan aktivitas bersama. Misalnya, kamu bisa mengadakan barbeque di halaman belakang atau pergi bersama mereka ke suatu tempat misalnya mall atau café.

Interaksi sosial seperti ini dapat membuatmu merasa lebih bahagia dan terhubung dengan orang-orang terdekat. Selain itu, berkumpul bersama teman dan keluarga dapat menciptakan kenangan-kenangan indah yang bisa dikenang kelak di (untuk) masa depan. Pastikan untuk menikmati setiap momen dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang penting dalam hidupmu di weekend ini, ya.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya