TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Lanjutkan Pendidikan untuk Sandwich Generation, Kamu Bisa! 

Penting untuk membuat perencanaan yang tepat

ilustrasi kuliah (freepik.com/Racool_studio)

Sandwich generation adalah istilah bagi orang yang merawat orang tua (generasi di atas mereka), dirinya sendiri, maupun anak/adik (generasi di bawah mereka) secara bersamaan. Orang yang mengalami ini sering kali menghadapi beban ekonomi, emosional, dan waktu yang besar untuk mengimbangi pekerjaan, pendidikan, dan peran sebagai penyokong bagi dua generasi berbeda. Mereka bagaikan terjepit di antara tuntutan tersebut. 

Meskipun para sandwich generation memiliki tugas yang berat, ada kalanya mereka ingin mengembangkan potensi untuk dirinya sendiri. Salah satunya saat mereka memutuskan untuk melanjutkan pendidikan.

Keseimbangan antara tuntutan keluarga dan pendidikan bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, mereka bisa berdaya mengejar cita. Simak beberapa tips yang akan membantu para sandwich generation untuk melanjutkan pendidikan tanpa mengorbankan peran penting untuk keluarga.

1. Buat perencanaan yang tepat

ilustrasi membuat perencanaan pendidikan (freepik.com/rawpixel.com)

Dalam konteks melanjutkan pendidikan, membuat perencanaan yang tepat adalah langkah kunci. Pertama, buatlah jadwal harian dan mingguan yang rinci untuk mengalokasikan waktu antara kuliah, pekerjaan, dan keluarga. Hal ini bertujuan untuk menghindari tumpang tindih pekerjaan dan memastikan bahwa kamu memiliki cukup waktu untuk melakukan semuanya.

Selanjutnya, identifikasi keuangan yang dimiliki. Buatlah anggaran keuangan mencakup biaya pendidikan, biaya hidup,  dan tanggung jawab keuangan lainnya. Kamu juga bisa pertimbangkan sumber pendanaan, seperti beasiswa, pinjaman pendidikan, atau bekerja sampingan, untuk memudahkan ekonomi jika ingin melanjutkan pendidikan. Telusuri semua opsi yang tersedia dan pilih yang paling sesuai dengan situasi sendiri. Penting juga untuk menjaga pengeluaran sehari-hari agar tetap terkendali dan buat dana darurat untuk kepentingan mendesak. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan jika kamu memerlukan bantuan mengatur keuangan. 

Baca Juga: 5 Langkah Sandwich Generation agar Dapat Menikmati Hidup 

2. Komunikasikan dengan keluarga

ilustrasi berkomunikasi (freepik.com/master1305)

Jika ingin melanjutkan pendidikan, sebaiknya kamu terbuka dan komunikasikan dengan jelas kepada keluarga. Diskusikan mengenai komitmen kamu untuk pendidikan lanjutan dan bagaimana hal ini akan memengaruhi jadwal dan tanggung jawab keluarga. Berkomunikasi juga berarti berbagi perubahan dalam jadwal atau kebutuhan tambahan yang mungkin muncul selama kamu mengejar pendidikan. 

Selain itu, beri ruang untuk mendengarkan. Terlibat dalam percakapan dengan keluarga penting untuk memahami perasaan dan kekhawatiran mereka tentang situasi ini. Ini dapat memperkuat dukungan emosional dan kerja sama keluarga. Jadi, jangan ragu untuk mengomunikasikan rencanamu dan mencari solusi bersama-sama.

3. Pilih program yang fleksibel

ilustrasi riset (freepik.com/Racool_studio)

Saat melanjutkan pendidikan sebagai sandwich generation, sangat penting untuk memilih program pendidikan yang fleksibel. Ini dapat berupa kuliah online atau program paruh waktu, yang memungkinkan kamu menyesuaikan jadwal pendidikan dengan tanggung jawab keluarga. Program yang fleksibel dapat membantu kamu menempuh studi sembari mengurus keluarga dengan nyaman dan tanpa khawatir sulit membagi waktu. 

Selain itu, pastikan program yang kamu pilih memiliki dukungan dan sumber daya online yang memadai, seperti platform e-learning yang mudah digunakan dan layanan dukungan mahasiswa yang responsif. Jika kamu mengambil program paruh waktu, kamu bisa mengambil sedikit beban studi setiap semester agar tidak kewalahan. Jangan lupa untuk lakukan riset sebanyak mungkin untuk mengetahui kampus dan program yang sesuai minat dan kondisimu. 

4. Manajemen waktu yang efisien

ilustrasi membuat rencana tugas (freepik.com/freepik)

Waktu adalah masalah utama sandwich generation kesulitan melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, belajar manajemen waktu yang efisien sangat berguna agar kamu bisa melakukan tanggung jawab sambil mengejar cita. Cobalah untuk mengidentifikasi periode waktu paling produktif dan alokasikan waktu studi selama periode tersebut. Ini membantu untuk memaksimalkan efisiensi dan kualitas belajar kamu. 

Selanjutnya, manfaatkan teknik manajemen waktu, seperti membuat daftar tugas, rencana harian, dan mengatur tenggat waktu masing-masing tugas. Prioritaskan tugas yang paling penting dan mendesak. Manajemen waktu juga melibatkan disiplin diri untuk memulai tugas tepat waktu dan hindari penundaan yang tidak perlu. Ingat untuk memberikan jeda agar mengurangi stres. 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Merencanakan Masa Depan bagi Sandwich Generation

Verified Writer

Annisa Isnaini H.

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya