TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Positif Memiliki Hewan Peliharaan, Teman Sejuta Kasih

Hewan peliharaan beri cinta kasih dan hangatnya pertemanan

ilustrasi hewan peliharaan (freepik.com/serhii_bobyk)

Kamu punya hewan peliharaan atau berniat memeliharanya di tempat tinggal? Kalau iya, berarti keputusanmu tepat. Hewan peliharaan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Anjing, kucing, burung, atau hewan peliharaan lainnya bisa menjadi teman setia. Mereka bukan sekadar penghuni rumah, melainkan sumber sukacita dalam hidup. 

Ketika berinteraksi dengan hewan peliharaan, perasaan bahagia mengalir begitu alami. Tidak hanya lucu dan menggemaskan, hewan peliharaan membuat kita merasa lebih baik saat bersamanya. Ternyata, ada hal positif memiliki hewan peliharaan karena memberi dampak positif bagi kita. Bagaimana hal tersebut terjadi? Berikut penjelasannya.

1. Hewan peliharaan membuat kita merasa dicintai

ilustrasi hewan peliharaan (pexels.com/Kai-Chieh Chan)

Hewan peliharaan memiliki kemampuan unik untuk membuat kita merasa dicintai. Mereka tidak hanya memberikan kasih sayang tulus, tetapi juga merespons interaksi kita dengan antusiasme. Saat kita pulang ke rumah, mereka akan menyambut kita dengan kegembiraan. Mereka melompat-lompat, menggoyangkan ekor, atau mendekati kita. Hal ini membuat kita merasa bahwa pusat dunia mereka adalah kita. 

Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan juga merangsang pelepasan oksitosin pada manusia. Oksitosin adalah hormon yang dilepaskan sebagai respons terhadap interaksi yang positif. Setelah dilepaskan, hormon ini bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dilansir jurnal Animals yang meneliti tentang peran oksitosin dalam hubungan anjing dan pemiliknya, hasil menunjukkan bahwa ketika anjing dan manusia saling memandang atau berinteraksi, keduanya mendapatkan lonjakan oksitosin. 

2. Mengurangi kecemasan dan kesepian

ilustrasi hewan peliharaan (unsplash.com/Oleg Ivanov )

Hewan peliharaan adalah sahabat yang dapat membuat kita merasa dicintai dan diterima, apa pun kondisinya. Mereka tidak peduli berapa banyak uang yang kita miliki, di mana kita tinggal, tetapi hanya mencintai kita apa adanya. Sudah naluri dasar manusia jika ingin dicintai dan dibutuhkan. Oleh karena itu, kehadiran hewan peliharaan mampu mengurangi perasaan cemas dan kesepian. 

Interaksi dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. Ketika merasa kesepian, hewan peliharaan bisa menjadi sumber keceriaan yang mengisi kekosongan dalam hidup kita. Mereka mendorong kita untuk banyak beraktivitas, berjalan-jalan, dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga membantu mengurangi isolasi sosial yang menjadi penyebab utama kesepian. 

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Memiliki Hewan Peliharaan!

3. Meningkatkan aktivitas fisik

ilustrasi hewan peliharaan (pexels.com/cottonbro studio)

Meningkatkan aktivitas fisik adalah salah satu manfaat lainnya. Hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, atau burung, mendorong kita untuk lebih aktif secara alami. Misalnya, anjing membutuhkan jalan-jalan teratur, bermain, dan olahraga, yang berarti pemiliknya harus lebih sering bergerak. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk hewan peliharaan itu sendiri, tetapi juga bagi pemiliknya. Kegiatan seperti berjalan bersama anjing bukan hanya meningkatkan kebugaran fisik, tetapi juga memicu pelepasan hormon bahagia, seperti endorfin, yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Tidak hanya itu, interaksi dengan hewan peliharaan dapat menjadi motivasi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik kita. Misalnya, rutinitas merawat hewan peliharaan, seperti memberi makan, membersihkan kandang, dan bermain bersama, memberikan struktur dan tanggung jawab yang dapat membuat gaya hidup aktif. Dalam jangka panjang, ini dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung. 

4. Membantu meningkatkan interaksi sosial

ilustrasi hewan peliharaan (freepik.com/freepik)

Ketika kita berjalan-jalan dengan hewan peliharaan tertentu seperti anjing, kita akan bertemu dengan orang lain. Ini menciptakan peluang untuk berbicara, berbagi pengalaman, dan membentuk hubungan sosial yang baru. Dalam beberapa kasus, hewan peliharaan dapat menjadi penghubung untuk manusia menjalin persahabatan jangka panjang. 

Selain itu, jika kita bergabung dengan komunitas pecinta hewan, ini memungkinkan untuk memperluas relasi sosial, memperoleh dukungan, dan berbagi pengetahuan dengan individu yang memiliki minat yang sama. Komunitas ini sering kali mengadakan acara-acara seperti pertemuan rutin, perlombaan, kampanye perlindungan hewan, atau kegiatan amal untuk hewan-hewan yang membutuhkan bantuan. Semua ini bermanfaat untuk membangun ikatan sosial yang lebih erat dan mengatasi kesepian.

Baca Juga: 5 Cara Melindungi Hewan Peliharaan dari Polusi Udara

Verified Writer

Annisa Isnaini H.

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya