TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Memanfaatkan Makeup Expired, Yuk Daur Ulang!

Supaya makeupmu tidak terbuang sia-sia

foto produk makeup (pexels.com/mart production)

Simak beberapa tips memanfaatkan makeup expired berikut ini. Makeup memang menjadi kebutuhan, terkadang sudah punya makeup tapi ingin membeli lagi dan lagi untuk menambah berbagai koleksi makeup.

Bagi para pencinta makeup, mungkin merasa menyedihkan jika membuang koleksi makeup kesayangannya. Namun, hal ini harus bisa dilakukan apabila produk-produk makeup milikmu sudah kadaluarsa. Eits, tapi tenang, jangan dibuang dulu, ya.

Kamu bisa manfaatkan makeup tersebut agar lebih berguna dan tidak terbuang sia-sia. Simak beberapa tips memanfaatkan makeup expired berikut ini!

1. Eye shadow

foto produk makeup (pexels.com/zhugewala)

Jenis makeup yang satu ini memang digandrungi para wanita. Hampir semua wanita punya Eye Shadow. Masa kadaluarsa Eye Shadow biasanya adalah 2-5 tahun. Lebih dari masa itu tentu kamu tak bisa menggunakannya girls, namun kamu bisa gunakan Eye Shadow milikmu menjadi kutek lho.

Caranya, campurkan Eye Shadow dengan top coat atau kutek warna transparan lalu mix keduanya di dalam wadah. Hiasi kukumu, dengan mengkreasikan dengan berbagai warna Eye Shadow milikmu untuk mendapatkan warna yang cantik sesuai selera.

Baca Juga: 5 Produk Makeup Boleh Kamu Pakai Bersama dengan Orang Lain

2. Lipstick

foto produk makeup (pexels.com/cristian-paduret)

Para wanita suka mengkoleksi berbagai warna lipstick, namun yang digunakan hanya beberapa warna saja. Kamu punya banyak lipstick kadaluarsa? Jangan dibuang dulu ya, meski sudah tak bisa dipakai untuk makeup, lipstick kamu masih bisa dimanfaatkan lho.

Kamu bisa manfaatkan warna-warna lipstick milikmu menjadi tinted lip balm. Tenang, tidak akan ada efek samping kok kalau dijadikan lip balm. Justru kamu akan mendapatkan manfaat yaitu melembabkan bibir dan memberikan warna yang sehat alami.

Caranya mudah sekali, cukup campurkan lipstick milikmu dengan petroleum jelly atau lip balm dan coconout oil. Lalu, biarkan hingga mengering, setelahnya jadi deh lip balm yang baru siap kamu pakai. 

3. Mascara

foto produk makeup (pexels.com/karolina grabowska)

Nah, kalau jenis makeup yang satu ini sudah pasti makeup yang wajib wanita punya untuk miliki bulu mata cetar. Mascara yang sudah kadaluarsa memang tak boleh kamu gunakan lagi karena akan menyebabkan mata iritasi. Tetapi jangan dibuang ya, brush Mascara masih bisa kamu pakai untuk merapikan alis dan gumpalan di bulu mata lho.

Kamu juga bisa gunakan brush mascara untuk membersihkan kotoran di bawah kuku, membersihkan kotoran di sela-sela sisir atau kamu bisa jadikan brush mascara sebagai sikat ketika kamu mengaplikasikan lip scrub agar lebih optimal mengangkat sel kulit mati di bibirmu, girls. 

4. Eyeliner

foto produk makeup (pexels.com/venus-hd-make-up-perfume-)

Punya Eyeliner yang sudah kadaluarsa bahkan kering? Jangan langsung dibuang girls. Eyeliner milikmu bisa bermanfaat untuk hal yang lain lho. Manfaatkan eyeliner kamu sebagai pensil untuk melukis atau face painting.

Kamu bisa gunakan eyeliner sebagai cat lukis untuk menghias pigura atau prakarya lain lho. Bagi kamu yang hobi banget dengan face painting kamu bisa memanfaatkannya untuk menggambar fitur-fitur di wajah. Keren bukan?

5. Foundation

foto produk makeup (pexels.com/sobia akhtar)

Foundation kamu yang masih banyak sia-sia karena kadaluarsa? Eits jangan dibuang ya, kamu bisa coba untuk menyumbangkan foundation milikmu ke komunitas perias jenazah atau rumah duka.

Mereka pasti membutuhkannya dan produk makeupmu jadi lebih bermanfaat bukan? Coba dulu yuk manfaatkan. 

6. Shimmer, glitter, dan highlighter

foto produk makeup (pexels.com/cottonbro)

Ketiga jenis produk makeup yang sudah kadaluarsa ini baiknya jangan kamu buang dulu ya. Sama seperti makeup eye shadow, kamu bisa menggunakan ketiga jenis produk makeup ini sebagai kutek berglitter untuk menghias kukumu lho.

Caranya mudah kok, kamu cukup mencampurkan shimmer, glitter, dan highlighter yang sudah dihancurkan dengan cat kuku atau kutek warna transparan lalu aplikasikan pada kuku bersih kamu. Tidak perlu beli kutek berglitter lagi nih hemat budgetmu!

Baca Juga: 9 Ide Daur Ulang Plastik Bekas Jadi Barang yang Lebih Bermanfaat!

Verified Writer

AR

Enjoy readers!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya