TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bolehkah Berpuasa saat Maulid Nabi? Ini Penjelasannya

Simak penjelasan lengkapnya

ilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Maulid Nabi 2024 akan jatuh pada hari Senin, 16 September 2024. Hari tersebut merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang berlangsung pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW biasanya diperingati oleh umat Islam dengan berbagai kegiatan positif seperti menjalankan ibadah sunah. Namun, bolehkah berpuasa saat Maulid Nabi? Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Langsung saja, cek penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Bolehkah berpuasa saat Maulid Nabi?

ilustrasi puasa (freepik.com/Freepik)

Kurang dari sepekan, umat Islam akan merayakan Maulid Nabi 1446 H. Selain menggelar acara seperti pengajian, tradisi endog-endogan, hingga lomba bertema Maulid Nabi, sebagian umat Islam juga menunaikan puasa.

Puasa memang ibadah mulia dalam agama Islam. Akan tetapi, bolehkah berpuasa saat Maulid Nabi? Melansir NU Online, hukum berpuasa saat Maulid Nabi adalah sunah atau tidak wajib.

Jadi, tidak ada perintah wajib untuk umat Islam berpuasa. Namun, umat Islam dianjurkan untuk puasa saat Maulid Nabi mengikuti kebiasaan Nabi Muhammad SAW semasa hidup.

Anjuran tersebut sesuai dengan bunyi hadis Abu Qatadah Al-Anshari berikut:

عَنْ أبِي قَتادَةَ الأنْصارِيِّ،  أنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ الِاثْنَيْنِ؟ فَقالَ: فِيهِ وُلِدْتُ وفِيهِ أُنْزِلَ عَلَيَّ

Artinya: "Diriwayatkan dari Abi Qatadah al-Ansari, sesungguhnya Rasulullah pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab: Pada hari itu aku dilahirkan, dan pada hari itu diturunkannya Al-Qur’an kepadaku."

Pada hari kelahirannya, Nabi Muhammad SAW menjalankan puasa. Berdasarkan hadis tersebut, diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW menjalankan puasa sebagai bentuk syukur.

Baca Juga: 60 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Doa dan Harapan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya