TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arti Nama Mulyono dan Asal Usulnya, Dikaitkan dengan Jokowi

Kira-kira, artinya apa?

ilustrasi nama Mulyono (pexels.com/Daniel Reche)

Di tengah ramainya demo Kawal Putusan MK untuk menolak RUU Pilkada, nama Mulyono terus dibicarakan terutama di media sosial X. Nama tersebut dikaitkan dengan Jokowi (Joko Widodo).

Konon, Mulyono adalah nama kecil Presiden Jokowi. Netizen menyebut nama kecil itu sebagai bentuk protes. Di sisi lain, netizen juga penasaran dengan arti nama Mulyono. Kenapa nama Mulyono harus diganti dan diubah jadi nama Jokowi sekarang?

Berikut informasi mengenai arti nama Mulyono dan asal usulnya yang dihimpun IDN Times. Baca selengkapnya!

1. Asal usul nama Mulyono viral di X

trending topic di X (dok. IDN Times/Ana Widiawati)

Hingga hari ini, Jumat (23/08), kata "Mulyono" sudah disebut dalam 472 ribu unggahan di media sosial X. Setelah netizen mengulik, ternyata Mulyono adalah nama kecil Presiden Jokowi. Jadi, Joko Widodo bukan nama sejak lahir.

Jadi, Jokowi lahir di Solo, 21 Juni 1961. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjiatmi. Anak sulung mereka waktu itu tidak langsung diberi nama Joko Widodo, melainkan Mulyono.

Setelah terungkapnya nama kecil Jokowi itu, muncul ajakan di X untuk menyebut nama Mulyono. Bahkan, tidak sedikit netizen yang menuliskan nama tersebut secara lengkap dengan nama ayahnya Jokowi, yaitu Mulyono bin Widjiatno Notomihardjo. 

Menurut kepercayaan Jawa, semakin sering nama Mulyono itu disebut, makin cepat pula hal buruk atau nasib sial menimpa sang pemilik nama. Terlebih, nama Mulyono diubah karena berpengaruh buruk pada Jokowi kecil kala itu.

Ketika dinamai Mulyono, anak sulung Widjiatno Notomihardjo itu sering sakit-sakitan. Dianggap arti nama Mulyono terlalu 'berat' atau 'tinggi', Jokowi kecil tidak sanggup menanggung nama itu.

Kemudian, nama Mulyono diganti menjadi Joko Widodo yang berarti anak yang selamat dan sejahtera. Akhirnya, Joko Widodo atau biasa disebut Jokowi adalah nama yang digunakan sampai sekarang.

Baca Juga: Siapa Marie Antoinette yang Jadi Trending Topic di X?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya