TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Arti Viva Il Papa yang Ditujukan pada Paus Fransiskus?

Ternyata, artinya bukan selamat datang

potret Paus Fransiskus (commons.wikimedia.org/Alfredo Borba)

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada Selasa (3/9) lalu disambut antusias. Umat Katolik pun banyak yang menyerukan kalimat viva il papa di media sosial.

Selain itu, terlihat cukup banyak spanduk bertuliskan kalimat yang sama saat Paus Fransiskus berkunjung ke Istana Merdeka hari ini. Tulisan viva il papa pun langsung menjadi sorotan.

Tak sedikit juga orang yang penasaran dengan arti viva il papa. Lantas, apa arti kalimat itu? Cari tahu di bawah ini, ya.

1. Apa arti viva il papa?

Paus Fransiskus lambaikan tangan ke warga yang menunggu di dekat Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Tulisan viva il papa menghiasi spanduk yang digunakan untuk menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Istana Merdeka. Arti viva il papa adalah panjang umur bagi Paus atau long live the Pope dalam bahasa Inggris.

Secara harfiah, viva il papa bisa diartikan juga hidup Paus. Kalimat itu digunakan sebagai bentuk sukacita menyambut Paus Fransiskus.

Mereka yang datang menyambut Paus Fransiskus juga tampak membawa bendera Vatikan sambil berdiri di seberang Istana Merdeka. Sementara itu, Paus Fransiskus menyapa dengan ramah dan melambaikan tangan dari jendela mobil.

Baca Juga: 35 Kata-Kata Bijak Paus Fransiskus yang Menenangkan Hati

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya