TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Menghambat Kebahagiaanmu

Hidup rasanya jadi kurang berwarna? Yuk, cari tahu alasannya!

Ilustrasi mengobrol (Timur Weber/ Pexels.com)

Pernah gak kamu merasa akhir-akhir ini hidup menjadi kurang bahagia? Bisa jadi ada kebiasaan-kebiasaan kecil yang kamu lakukan sehari-hari tanpa sadar, namun justru membuat mood kamu jadi terjun bebas!

Sebenarnya hal ini sering terjadi di kalangan kawula muda, apalagi di tengah hiruk-pikuk aktivitas yang terus berputar. Yuk, cek lima kebiasaan yang mungkin diam-diam menghalangi kebahagiaan kamu!

1. Membandingkan diri dengan orang lain secara terus menerus

Ilustrasi wanita sedang melihat smartphone (Andrea Piacquadio /Pexels.com)

Media sosial bikin kita gampang banget ngebandingin diri dengan orang lain. Teman yang kelihatannya hidupnya seru banget, jalan-jalan terus, atau punya pencapaian karier yang bikin iri.

Tapi, sadar gak sih kalau itu cuma 'highlight' hidup mereka? Kamu gak lihat perjuangan di balik layar. Hentikan kebiasaan ini dan fokus aja sama hidup kamu sendiri, karena setiap orang punya jalannya masing-masing.

2. Selalu menghindar dari konflik

Unsplash.com/Tim Gouw

Mungkin kamu pikir menghindari konflik bikin hidup lebih damai. Tapi, kebiasaan memendam perasaan dan gak berani ngomong jujur malah bisa bikin stres, lho!

Kalau ada yang mengganggu pikiranmu, mending dibicarakan baik-baik. Toh, gak semua konflik itu buruk—kadang justru dari situ, hubungan bisa jadi lebih kuat. Jadi, jangan takut buat speak up!

Baca Juga: 7 Alasan Terjebak di Masa Lalu Bisa Menghambat Kebahagiaan, Simak Bro!

3. Terlalu fokus sama hal-hal negatif

Ilustasi wanita sedang termenung (Marcelo Chagas/ Pexels.com)

Kebiasaan fokus ke hal-hal negatif bikin kamu gampang bad mood. Misalnya, ada hal kecil yang salah hari ini, terus itu saja yang kamu pikirin seharian. Latih otakmu buat lebih fokus ke hal-hal positif, walaupun kecil. Misalnya, kopi pagimu enak banget, atau cuaca lagi cerah.

Percaya deh, rasa syukur itu kunci biar hidup lebih bahagia.

4. Multitasking sampai overload

Ilustrasi pria tampak kelelahan (Nataliya Vaitkevich/ Pexels.com)

Kamu mungkin ngerasa keren bisa multitasking, ngerjain banyak hal sekaligus. Tapi, kenyataannya multitasking yang berlebihan bikin kamu kurang fokus dan gampang capek.

Coba deh, fokus sama satu tugas dulu. Gak cuma hasilnya bakal lebih baik, tapi kamu juga bisa nikmatin prosesnya tanpa stres. Life’s too short to rush through everything!

Writer

Amanda Detty

jangan melihat siapa yang menyampaikan tapi lihatlah apa yang disampaikan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya