TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Koleksi Barang Rajut untuk Dekorasi Ruang, Estetis dan Fungsional!

Estetikanya dapat, fungsinya juga dapat

ilustrasi dekorasi ruang tamu (pexels.com/Лена Силантьева)

Siapa sangka, seni kerajinan tangan malah melejit di tengah zaman yang semakin modern? Barang-barang handmade jadi sorotan lantaran nilai estetikanya dianggap mahal dan mengesankan. Salah satunya adalah seni rajut, yang mana dibuat murni dengan teknik khusus.

Rajut adalah teknik merangkai benang dengan tangan dan jarum khsus untuk menghasilkan berbagai macam barang. Karya yang dihasilkan terkenal memiliki pola unik, kekuatan, dan fleksibilitasnya. Popularitas rajut kian melonjak dan barang-barang estetis pun tercipta.

Bukan hanya cantik, barang rajut juga sangat fungsional, termasuk untuk dekorasi ruang. Beri sentuhan handmade di ruangan rumahmu dengan enam barang rajut berikut ini, yuk!

1. Selimut rajut untuk ditaruh di ruang tamu

ilustrasi sofa dengan bantal dan selimut (freepik.com/awesomecontent)

Selimut tidak hanya ada di kamar, tetapi sering pula ditaruh di ruang tamu. Fungsi utamanya tentu untuk menghangatkan penghuni rumah saat bersantai. Namun, kini kehadiran selimut di ruang tamu telah dianggap sebagai elemen penting yang turut memberikan kesan indah pada ruangan.

Salah satu pilihan selimut yang cocok ditaruh di ruang tamu adalah selimut rajut. Menawarkan berbagai pola dan warna menarik, selimut rajut dapat dipadukan dengan berbagai gaya interior, dari klasik hingga modern. Sentuhan hangat dan nyaman langsung terasa dalam ruangan.

2. Bantal bersarung rajut di atas sofa

ilustrasi makanan dan kopi di atas sofa (freepik.com/freepik)

Sandingkan selimut rajut dengan bantal bersarung rajut di atas sofa. Baik ditaruh di kamar maupun ruang tamu, bantal tersebut dapat memberikan kelembutan tekstur saat disentuh dan digunakan. Polanya yang unik juga menjadi elemen yang menonjol, sehingga elok saat dipandang.

Sebaiknya pilih sarung rajut yang memiliki pola dan warna serasi dengan tema ruangan. Misalnya, menyeragamkan warna sarung bantal dengan selimut, tirai, atau tembok. Dengan kombinasi antara fungsi dan gaya, sarung bantal menciptakan harmoni visual dan rasa nyaman.

3. Percantik ruangan dengan hiasan dinding rajut

ilustrasi hiasan dinding rajut (pexels.com/Tuğba Kobal Yılmaz)

Hiasan dinding berupa galeri atau lukisan tampaknya sudah biasa. Nah, coba percantik ruangan dengan hiasan dinding rajut yang menawan ini. Hiasan rajut menawarkan seni yang berbeda pada dinding kosong. Meski sederhana, polanya tetap mengundang perhatian.

Dengan berbagai desain dan teknik rajutan, hiasan ini menunjukkan dimensi dan tekstur yang berbeda dari lukisan atau wallpaper biasa. Pilih warna sedikit gelap jika dinding ruangan bernuansa cerah. Sebaliknya, pilih warna yang lebih cerah jika dinding berwarna gelap.

Baca Juga: 7 Ide Dekorasi Kamar Tidur Utama Agar Tampak Lega, Sederhana!

4. Pajang boneka rajut untuk menambah estetika ruang

ilustrasi boneka rajut (pexels.com/Anete Lusina)

Boneka rajut bisa jadi ide kreatif untuk menambah estetika dalam ruangan. Seperti barang rajut lainnya, boneka ini juga dibuat dengan tangan langsung. Hal itulah yang membuatnya menjadi barang dekoratif spesial atau tidak biasa.

Setiap boneka dirajut dengan detail yang cermat. Kebanyakan dari bentuknya terinspirasi dari hewan-hewan yang menggemaskan. Coba letakan di atas meja, lemari terbuka, rak dinding, atau ditempel langsung di tembok ruangan. Boneka seperti ini sebenarnya lebih cocok dipajang di ruangan anak.

5. Taplak meja hasil rajutan tidak kalah unik

ilustrasi taplak meja rajut (pexels.com/Fadime Demirtaş)

Taplak meja rajut juga tidak kalah unik untuk dekorasi ruang. Tampilannya yang memukau bisa diaplikasikan di ruang makan maupun di ruang tamu. Taplak meja hasil rajutan umumnya berpola menarik dengan sedikit sentuhan gambar seperti bunga dan dedaunan.

Selain cantik, bahan rajut sangat fungsional. Permukaannya yang bertekstur dan tebal mampu melindungi meja dari goresan maupun noda makanan. Bahan rajut juga lebih tahan lama, bisa awet hingga bertahun-tahun jika dirawat dengan baik.

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya