TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Positif yang Tanpa Sadar Terbentuk di Bulan Ramadan

Pertahankan terus

ilustrasi membaca buku (pexels.com/Artem Podrez)

Tanpa kamu sadari di bulan Ramadan ini banyak terbentuk kebiasaan positif, lho. Jika sebelumnya kebiasaan positif itu susah dilakukan. Namun, di bulan Ramadan kebiasaan positif itu bisa kamu lakukan. Meskipun ada perasaan terpaksa melakukannya. Tapi itu adalah hal yang bagus.

Nah, ini menjadi langkah awal yang bagus untuk dilanjutkan lebih serius membentuk kebiasaan positifnya. Karena hampir terbiasa jadi rasanya gak terpaksa lagi menjalani. Apa saja sih kebiasaan yang terbentuk itu, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Konsistensi Ibadah selama Ramadan, Bangun Kebiasaan!

1. Kebiasaan bangun pagi lebih awal

ilustrasi bangun pagi lebih awal (pexels.com/Miriam Alonso)

Kalau kamu dari dulu punya rencana membentuk kebiasaan bangun pagi lebih awal. Di bulan Ramadan ini kamu punya kesempatan itu. Berkat di bulan Ramadan ini kamu menjalani puasa dan harus sahur di waktu sebelum imsak yang mana kira-kira waktunya sebelum subuh. Jadi, mau tak mau kamu harus bangun pagi lebih awal untuk menjalankan sahur.

Tanpa sadar karena hal ini kamu jadi terbiasa bangun pagi lebih awal. Meski butuh adaptasi diawal, karena pasti susah untuk bangun pagi lebih cepat daripada biasanya, apalagi jika kamu tidak biasa bangun pagi. Namun, Samakin seringnya kamu bangun sahur, maka kamu semakin terbiasa bangun pagi lebih awal. Ini harus kamu pertahankan.

2. Kebiasaan tepat waktu

ilustrasi melihat jam tangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Di bulan Ramadan kamu juga bisa tanpa sadar membentuk kebiasaan tepat waktu. Yang mana kebiasaan ini ternyata di hari-hari biasa masih juga susah melakukannya. Kebiasaan ini bisa terbentuk bermula karena ada beberapa kegiataan diharuskan untuk tepat waktu melakukannya selama Ramadan.

Kegiataan itu contohnya, berbuka puasa sebaiknya segera dilakukan ketika waktunya tiba, lalu sahur juga harus kamu lakukan sebelum waktunya habis. Dan masih banyak lagi aktivitas di bulan Ramadan yang membutuhkan ketepatan waktu menjalankannya.

Dengan kamu terbiasa melakukan kegiataan itu. Tanpa kamu sadari dibalik itu kamu sedang membentuk kebiasaan positif. Pertahankan terus kebiasaan itu, apalagi kebiasaan tepat waktu ini penting sekali dalam kehidupan kita sehari-hari. 

3. Kebiasaan bekerja keras

ilustrasi bekerja (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Beraktivitas di waktu Ramadan itu tidak mudah. Karena harus menjalani puasa sehingga menjadi tantangan bagi kamu yang punya banyak pekerjaan. Dibutuhkan kerja keras untuk menyelesaikan segala aktivitasmu. 

Namun, hal ini nyatanya ada sisi positifnya juga. Berkat puasa kamu jadi membentuk kebiasaan bekerja keras, kekuataan kerjamu juga ada peningkatkan daripada sebelumnya. Jadi, meski meski sedikit menderita tapi kamu dapat manfaatnya juga. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Jalani Ramadan Berstatus Jomblo, Fokus Ibadah

4. Kebiasaan merawat diri

ilustrasi merawat diri (pexels.com/RDNE Stock project)

Meski terdengar sepele kebiasaan merawat diri ini ternyata juga gak mudah untuk dibiasakan. Kita cenderung lalai merawat diri malahan, karena kesibukan kita cukup banyak sehingga tak begitu memperhatikan perawatan diri sendiri. Padahal sudah seharusnya merawat diri wajib kita lakukan. 

Cuman tak perlu khawatir, berkat hadirnya bulan Ramadan kamu bisa membentuk kebiasaan merawat diri ini kembali. Karena puasa membutuhkan kekuatan tubuh. Sehingga kamu jadi memperhatikan diri kamu. Seperti makanan yang dimakan, pola hidup yang dijalani, jadi banyak hal yang kamu perhatikan demi diri kamu sehat dan kuat menjalani puasa. 

Verified Writer

Ainun Rahmawati

there must be a way if you want to try

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya