TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menulis Artikel Disukai Pembaca, Topiknya Relate dengan Hidup

Pembahasannya informatif yang bermanfaat untuk banyak orang

ilustrasi mengetik (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menulis artikel kelihatannya sesuatu yang mudah dilakukan, tapi pada kenyataannya tidak semudah itu. Apalagi kalau gak hanya sekadar menulis, tapi ingin menulis artikel yang disukai oleh pembaca. Yang mana untuk membuat orang lain suka pada sesuatu yang kamu tulis, butuh trik dan ada cara-caranya tersendiri. 

Misalnya dari pemilihan topik yang relate dengan banyak orang, isinya informatif dan anti mainstream, atau bahkan memilih kata-kata yang mudah dipahami dan nyaman dibaca. Sebenarnya penulis pemula pun bisa menulis artikel yang disukai pembaca asalkan mau berusaha dan menerapkan tips-tipsnya. Kalau mau tahu lebih lanjut dan jelas mengenai tips menulis artikel yang disukai pembaca maka simak lima poin berikut ini, ya! 

Baca Juga: 3 Keuntungan Kerja Menulis Lepas untuk Mahasiswa

1. Topik artikel yang ditulis relate dengan kehidupan para pembaca

ilustrasi pakai HP (pexels.com/Samson Katt)

Kalau mau artikelmu disukai pembaca, maka bisa mulai dari pemilihan topiknya yang relate dengan banyak orang terutama pembaca. Misalnya kamu menulis artikel dengan topik yang relate dengan kehidupan sehari-hari, masalah yang umum terjadi dan cara mengatasinya, pokoknya topik yang relate dengan kehidupan sehari-hari pembaca. Cara ini paling mudah untuk membuat siapa saja pembaca artikelmu untuk langsung suka pada tulisanmu. 

2. Berisi informasi yang bermanfaat

ilustrasi menulis (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Tips lainnya untuk menulis artikel yang disukai pembaca ialah dengan membuat artikel informatif. Yang mana pembahasan artikelmu berisi informasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Entah itu berupa informasi baru, tips dan trik kehidupan, rekomendasi hal-hal yang dibutuhkan orang-orang, dan lain sebagainya yang berupa informasi berguna. 

Baca Juga: 7 Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi Orang Lain

3. Pembendaharaan kata-katanya mudah dimengerti dan sesuai target pembacanya

ilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kalau mau artikelmu disukai pembaca maka tulislah dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Dimana kamu bisa memilih kata-kata-kata yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari masyarakat, bahasa gaul yang bersifat umum, pokoknya kata-kata yang bisa dimengerti oleh semua orang yang membacanya. Hindari kata-kata yang bersifat ambigu, tidak umum di kalangan pembaca, atau juga kata-kata sensitif yang dapat menyinggung kalangan pembaca tertentu. 

4. Susunan kalimatnya nyaman dibaca

ilustrasi pakai HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips lainnya untuk menulis artikel yang disukai pembaca ialah dengan belajar menyusun kalimat yang enak dibaca. Yang mana susunan kalimat dalam pembahasan artikelmu membuat para pembaca nyaman untuk membacanya dari awal sampai akhir, jadi tidak hanya mudah dimengerti tapi juga nyaman dan enak untuk dibaca lama-lama. Walaupun topik artikelnya biasa saja, tapi kalau bisa membahasnya penulisan yang baik maka akan banyak pembaca yang menyukainya. 

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya