TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesadaran Diri Ketika Menginap di Rumah Orang, Bantu Bersih-bersih

Setidaknya tahu waktu datang bertamu dan kapan pulangnya

ilustrasi membersihkan (pexels.com/Liza Summer)

Sebagaimana makhluk sosial yang selalu hidup berdampingan, kita terbiasa untuk saling menjaga sopan santun dan etika. Yang mana hal ini penting untuk selalu dilakukan, bahkan pada saat menginap di rumah orang sekalipun. Karena yang namanya menginap di rumah orang tentu gak boleh sembarangan, kan. 

Baik itu dalam bersikap atau bertutur kata, ada manner yang harus dijaga selama berada di rumah orang. Bisa dibilang sebagai bentuk kesadaran diri untuk menghormati dan menghargai tuan rumah. Entah itu dengan bantu-bantu membersihkan rumah, atau gak pilih-pilih makanan saat disuguhkan, pokoknya apa-apa saja kesadaran diri yang harus dijaga saat menginap di rumah orang itu contohnya seperti yang di bawah ini. 

1. Datangnya di waktu yang sopan untuk bertamu

ilustrasi teman (pexels.com/RDNE Stock Project)

Ketika datang ke rumah orang dan berencana untuk menikah, sebagai tamu harus tahu waktu. Mulai dari kesadaran diri tentang waktu yang baik untuk bertamu atau juga kapan harus pulang dan berpamitan. Karena tuan rumah gak mungkin mengusirmu, sehingga sebagai tamu harus sadar diri sendiri saja. 

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kesadaran Diri Seutuhnya agar Gak Insecure, Terima!

2. Gak pilih-pilih makanan dan tempat tidur

ilustrasi makan bersama (pexels.com/Cottonbro Studio)

Kesadaran diri lainnya saat menginap di rumah orang ialah tidak bersikap pilih-pilih makanan dan tempat tidur. Apapun makanan yang disuguhkan maka harus dimakan untuk menghargai tuan rumah, begitu pula saat tidur. Jangan sampai bersikap kurang ajar dengan pilih-pilih mau tidur di mana dan di kamar mana, sebab sebagai tamu juga harus tahu posisi untuk tidak seenaknya di rumah orang. 

3. Jaga sikap selama masih di rumah orang

ilustrasi ngobrol (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Mau menginap selama apapun kamu tetap harus menjaga sikap ketika di rumah orang. Maksudnya jaga sikap di sini seperti apa? Tidak boleh bermesra-mesraan dengan pasangan, cara duduk dan tidur yang tidak sopan, atau juga sesuka hati dalam berpakaian. Pokoknya sebagai tamu juga harus tahu batasannya untuk menjaga kenyamanan tuan rumah atas kehadiranmu. 

4. Ringan tangan untuk bantu-bantu

ilustrasi membersihkan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Bisa dibilang bahwa ini merupakan kesadaran diri paling dasar ketika berada di tempat orang lain, yaitu kesadaran untuk membantu. Apalagi kalau kamu gak hanya sekedar bertamu tapi juga menginap di sana, maka wajib hukumnya untuk bersikap ringan tangan bantu-bantu si tuan rumah. Misalnya membantu merapikan tempat tidur, menyapu rumah, mencuci piring setelah makan, atau bantu menyiapkan makanan. 

Baca Juga: 4 Faktor Penyebab Kurangnya Kesadaran Menjaga Lingkungan

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya