TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Hal Ini Patut Dilakukan Saat Tahu Kekurangan Diri Sendiri, Improve!

Sadar diri kalau dirimu manusia biasa yang tak sempurna

ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukau)

Sebagai manusia biasa mungkin ada saat dimana kita sadar atas kekurangan diri yang dimiliki. Lalu apakah yang harus dilakukan ketika mengetahui kekurangan diri sendiri? Tentunya tidak diam saja dengan pasrah dan meratapi kekurangan yang dimiliki, namun melakukan perubahan positif dan menyikapinya dengan dewasa. 

Mulai dari sadar diri bahwa pada dasarnya dirimu juga sama seperti orang lain yang tidak sempurna, berusaha improve dan memperbaiki diri, atau juga belajar menerima dengan lapang dada. Demi hidup yang tenang dan lega, perlu kedewasaan dan kebijaksanaan dalam menyikapi kekurangan diri sendiri. Beberapa hal yang patut dilakukan saat tahu kekurangan diri sendiri dapat disimak pada pembahasan berikut ini. Simak satu-satu, ya! 

1. Sadar diri bahwa tidak sempurna

ilustrasi bercermin (pexels.com/KoolShooters

Hal pertama yang patut kamu lakukan saat mengetahui kekurangan diri sendiri ialah sadar diri bahwa tidak sempurna. Yang mana kesadaran diri ini bisa jadi pengingat untuk menjaga sikap dan perasaan. Supaya tidak tinggi hati, sombong dan merasa paling benar, karena sejatinya sama seperti manusia biasa pada umumnya yang punya kekurangan dan tidak sempurna. 

Jadi kalau ada pencapaian atau kelebihan yang dimiliki gak sampai kepikiran untuk sombong, karena sadar kalau dirimu sendiri punya kekurangan. Menjaga diri untuk tetap rendah hati karena sadar atas lebih kurang yang dimiliki. Sehingga dalam bersikap pun juga lebih terjaga untuk tidak sembarangan menyepelekan orang dan tetap menghargai siapa saja. 

Baca Juga: 5 Keunikan Kekurangan yang Justru Membuat Kalian Berharga

2. Berusaha improve dan memperbaiki diri

ilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Hal lainnya yang juga patut dilakukan saat sadar atas kekurangan diri sendiri ialah berusaha improve. Setelah tahu letak kekurangan yang dimiliki, ada baiknya untuk berusaha melakukan perubahan. Berubah untuk jadi lebih baik dan memperbaiki kekurangan yang dimiliki secara perlahan. 

Karena setiap kekurangan pada diri seseorang bisa diperbaiki asal ada kemauan dan usaha dari dirinya sendiri. Misalnya kekurangan di bidang akademik yang bisa diperbaiki dengan rajin belajar, kurang dari segi penampilan yang bisa dirubah dengan belajar merawat diri, dan berbagai kekurangan lainnya yang bisa diperbaiki. Sudah menjadi urutan yang semestinya bahwa setelah introspeksi diri dilanjutkan dengan usaha nyata untuk improve

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya