TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menjadi Pribadi yang Tegas agar Hidupmu Gak Dikendalikan Orang

Supaya hidupmu gak berdasarkan kemauan orang lain

Pexels.com/Fauxels

Bagi sebagian orang, hidup mengukuti standar dan keinginan orang di sekitar mungkin perlu dilakukan. Tapi percayalah bahwa lama kelamaan hal itu hanya akan membuatmu terjebak dan tanpa sadar membiarkan orang lain mengendalikan hidupmu.

Maka dari itu sangat penting untuk menjadi pribadi yang tegas agar hidupmu tidak dikendalikan orang lain seenaknya. Mulailah dengan melakukan lima cara di bawah ini, yuk simak pembahasan lebih jelasnya!

1. Memiliki pendirian sendiri

Pexels.com/CoWomen

Caranya yang pertama menjadi pribadi yang kuat agar tidak dikendalikan orang ialah dengan memiliki pendirian sendiri. Bahkan lebih bagus lagi kalau selain punya pendirian, kamu juga memiliki prinsip hidup sendiri. Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah kukuh pada pendirianmu saja tanpa goyah oleh bujukan orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Menyendiri dan Jadi Pribadi Apa Adanya, Lebih Produktif!

2. Jangan pernah takut menunjukkan jati dirimu

Pexels.com/August De Richelieu

Lalu caranya yang kedua menjadi pribadi yang tegas agar tidak dikendalikan orang adalah dengan percaya diri menunjukkan jati dirimu pada orang lain. Karena dengan menunjukkan jati dirimulah orang-orang jadi merasa segan dan melihat batasan bahwa dirimu bukanlah tipe orang yang mudah dipengarugi. 

3. Gak perlu menuruti mereka, hidupmu adalah milikmu

Pexels.com/Fauxels

Kalau gak mau hidupmu dikendalikan orang lain maka kamu pun harus memahami bahwa pada hidupmu adalah milikmu jadi gak perlu menuruti mereka. Dengan menanamkan pemahaman itu di dalam dirimu maka dengan sendirinya kamu jadi bisa tegas dan memiliki kepribadian yang kuat. Gak gampang dikendalikan karena kamu tahu bahwa orang lain tidak berhak mengatur hidupmu.

4. Jangan terjebak dalam ekspektasi orang lain

Pexels.com/Fauxels

Caranya yang ketiga agar hidupmu gak dikendalikan orang lain yaitu jangan sampai terjebak dalam ekspektasi orang lain. Meskipun harapan dan ekspektasi mereka berkesan baik, namun kalau terus memenuhi ekspektasi orang maka sampai kapanpun hidupmu pun gak bakal bebas dan sepenuhnya dikendalikan oleh mereka.

Baca Juga: 5 Pengaruh Rasa Percaya Diri pada Perkembangan Pribadi Seseorang

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya