TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kemajuan Kecil Pun Patut Dirayakan, Bentuk Apresiasi Usahamu

Biar makin semangat dan termotivasi untuk terus maju

ilustrasi kerja sukses (pexels.com/Anna Shvets)

Ketika meraih suatu pencapaian biasanya kita merayakannya sebagai bentuk rasa senang dan syukur. Akan tetapi bagaimana jika pencapaiannya cuma berupa kemajuan kecil dalam hidup, apakah tetap dirayakan? Sebagian orang mungkin menilainya sepele, tapi percayalah bahwa kemajuan kecil pun patut untuk dirayakan, kok. 

Tidak ada usaha yang sia-sia bahkan jika hanya berbuah kemajuan kecil sekalipun. Merayakannya bisa jadi sebagai bentuk apresiasi atas usaha yang telah dilakukan, menyemangati dan memotivasi diri untuk semakin maju, atau juga bentuk rasa syukur atas hal-hal yang telah dimiliki.

Intinya kemajuan besar ataupun kecil tetap sama-sama layak untuk dirayakan, dan berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kemajuan kecilmu patut dirayakan. Yuk, disimak! 

1. Untuk mengapresiasi usahamu atas kemajuan yang terjadi

ilustrasi bahagia (pexels.com/Julia Avamotive)

Alasan utama kenapa kemajuan kecil pun patut dirayakan ialah sebagai bentuk apresiasi atas usahamu. Ketika ada kemajuan dalam hidup, terlepas itu kemajuan kecil atau besar, tentu saja hanya dapat diraih hanya dengan usaha. Sehingga tidak ada sia-sianya merayakan hasil dari usaha yang telah dilakukan untuk kemajuan hidup diri sendiri. 

2. Sebagai cara menyemangati diri agar semakin termotivasi untuk maju

ilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukau)

Alasan lainnya kenapa kemajuan kecil dalam hidupmu pun patut dirayakan ialah karena bisa jadi penyemangat tersendiri untukmu. Setiap kemajuan dan pencapaian dirayakan, hal itu semakin membuatmu semangat untuk lebih maju ke depannya. Sehingga makin cepat perkembangan hidupmu untuk mencapai kemajuan-kemajuan lainnya demi bisa merayakan dengan lebih besar. 

3. Bersyukur atas hal-hal yang dimiliki dan dicapai saat ini

ilustrasi wanita kerja (pexels.com/Artem Podrez)

Merayakan kemajuan kecil dalam hidup juga baik dilakukan sebagai bentuk rasa syukur. Kamu bersyukur atas hal-hal yang telah kamu miliki dan capai sampai saat ini, membuatmu suka merayakan kemajuan kecil yang terjadi di hidupmu. Karena takaran bersyukur itu kan tidak ada, bahkan sebaiknya belajar mensyukuri hidup dari hal-hal kecil, supaya ketika bisa lebih menghargai hal-hal besar yang akan didapat nantinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Bersyukur Bisa Bantu Kamu Melihat Hal Baik dalam Hidup

4. Menanamkan sifat bangga pada diri sendiri

ilustrasi wanita (pexels.com/Joshua Mcknight)

Alasan merayakan kemajuan kecil dalam hidupmu juga adalah untuk menanamkan sifat bangga diri. Bukan untuk bermaksud sombong atau narsis, tapi agar timbul rasa respek dan kebanggan untuk hal-hal yang dilakukan diri sendiri. Karena kalau terbiasa menghargai dan merayakan kemajuan serta pencapaian yang diraih, kamu jadi punya harga diri tinggi karena tidak pernah merendahkan setiap usahamu. 

5. Sebagai inspirasi orang sekitar dalam menghargai setiap langkah hidup

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Alasan kenapa kemajuan kecil pun patut untuk dirayakan ialah karena bisa jadi inspirasi orang sekitar. Dimana dari melihatmu yang senang merayakan setiap pencapaian dan kemajuan hidup, bahkan jika itu kemajuan kecil sekalipun, dapat menginspirasi orang lain untuk ikut menghargai hal-hal yang telah ia capai di hidupnya.

Mengajarkan bahwa tidak perlu menunggu pencapaian besar untuk merayakan diri sendiri, karena setiap pencapaian dan kemajuan yang diraih sama-sama berharga. 

Itulah tadi beberapa alasannya kenapa kemajuan kecil dalam hidup pun patut untuk dirayakan. Sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi atas usahamu bisa sampai di titik saat ini. 

Baca Juga: 5 Tanda Kinerjamu Dihargai di Tempat Kerja, Penuh Apresiasi!

Verified Writer

afifah hanim

Banyak baca banyak nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya