TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Deep Talk dengan Stranger Bisa Membantu Menghadapi Masalah

Bebas cerita tanpa beban

Ilustrasi deep talk (cottonbrostudio)

Berbeda dari small talk yang biasanya hanya membahas topik-topik ringan, deep talk adalah percakapan yang berfokus pada tema yang lebih dalam. Misalnya tentang kehidupan, impian, ketakutan, hubungan, dan pengalaman emosional.

Sebagai makhluk sosial kita memiliki banyak sekali kesempatan untuk mencoba deep talk dengan orang asing atau biasa disebut sebagai stranger, misalnya di tempat umum, di perjalanan, di acara sosial, bahkan di media sosial pun bisa.  Dan ternyata, deep talk dengan stranger itu bisa membantu kita dalam menghadapi masalah. Inilah lima alasannya!

1. Memberikan perspektif baru atau perspektif yang berbeda

Ilustrasi deep talk (pexel.com/August de Richelieu)

Mendiskusikan permasalahan kita dengan cara deep talk bersama stranger tidak ada salahnya, karena nanti kita akan mendapatkan perspektif baru dari sudut pandangnya, dan bisa membuat kita jadi lebih inovatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. 

Stranger berasal dari latar belakang yang berbeda, dan pengalaman hidupnya pun pasti berbeda. Ketika melakukan deep talk dengan orang asing, pasti akan ada perspektif yang berbeda dari cara pandang nya dan cara pandang kita yang biasanya. Perspektif baru dan berbeda dari stranger bisa kita coba jadikan solusi dalam permasalahan yang sedang kita hadapi. 

2. Tidak ada beban emosional dan bias personal

Ilustrasi deep talk (pexel.com/fauxel)

Berbicara dengan seseorang yang tidak mengenal kita secara mendalam dapat memberikan perasaan bebas untuk berekspresi, karena tidak adanya sejarah keterikatan emosional antara kita dan stranger.

Dalam memberikan umpan balik dan penilaian, stranger juga cenderung lebih objektif daripada orang yang sudah mengenal kita. Dia ada diluar jangkauan kehidupan personal kita, sehingga tidak akan berusaha untuk memihak sebagaimana orang-orang terdekat kita.

Baca Juga: 6 Pentingnya Menyelaraskan Hasil Diskusi dengan Pelaksanaan

3. Memberikan rasa aman untuk bercerita secara terbuka

Ilustrasi deep talk (pexel.com/RDNE Stock project)

Deep talk dengan stranger memberikan rasa aman yang lebih untuk bercerita sebebas-bebasnya, karena kita tahu kalau stranger tidak memiliki akses secara menyeluruh ke kehidupan pribadi kita. 

Rasa aman ini seringkali mempermudah kita untuk lebih jujur dan terbuka, tentang masalah yang sedang kita hadapi, tanpa takut disalah pahami, ataupun dihakimi.

4. Membuka peluang untuk refleksi diri

Ilustrasi deep talk (pexel.com/fauxel)

Mengartikulasikan pikiran dan perasaan kita kepada orang asing dapat membantu dalam memahami diri sendiri dengan lebih baik, sekaligus merenungkan apa yang benar-benar kita rasakan dan butuhkan. 

Deep talk dapat mendorong kita untuk merefleksikan permasalahan secara keseluruhan. Sehingga, kita dapat menghubungkan berbagai titik point menjadi sebuah gambaran besar, dan pada akhirnya akan lebih siap dalam menghadapi permasalahannya.

Writer

Afifah

A conjunction

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya