TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perbedaan Salib Kristen dan Katolik, Serupa tapi Tak Sama

Bedanya terletak pada patung Yesus

ilustrasi salib (unsplash.com/Mateus Campos Felipe)

Kristen Protestan dan Katolik merupakan dua agama yang mirip tetapi tidak sama. Hal ini juga berlaku pada salib Kristen dan Katolik. Mungkin sekilas tampak sama, padahal berbeda.

Mungkin kamu pernah melihat beberapa jenis salib. Ada yang berpatung, ada pula yang polos tidak berpatung. Nah, bagaimana cara membedakan salib Kristen dan Katolik?

1. Salib Katolik banyak variasinya

ilustrasi salib (unsplash.com/josh Applegate)

Di Indonesia, Gereja Katolik dalam ritus Barat atau Latin memiliki beragam variasi salib Katolik. Terdapat beberapa versi salib Katolik, yaitu salib dengan korpus dan salib tanpa korpus.

Dalam bahasa Latin, korpus berarti tubuh. Korpus merupakan patung Yesus di kayu salib atau representasi Yesus yang mati di kayu salib. Salib tersebut juga disebut salib Latin karena merujuk pada ritus Barat. Sementara, terdapat salib Bizantin yang merujuk pada Kekaisaran Romawi Timur.

Baca Juga: Pemimpin Agama Katolik, Ada Paus hingga Romo

2. Salib Kristen tidak menggunakan patung Yesus (korpus)

ilustrasi salib (unsplash.com/Alicia Quan)

Berbeda dengan Katolik, Salib Kristen Protestan dikenal dengan salib polos. Bentuknya kayu bersilang tanpa ada korpus (patung Yesus). Salib ini juga disebut salib Latin.

Protestan mengadopsi salib Latin yang dihilangkan korpusnya. Lantaran, Kristen Protestan menentang adanya patung yang dianggap sebagai berhala.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya