TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merencanakan Parenting untuk Anak Pertama, Persiapkan!

Orangtua baru harus menentukan parenting yang tepat

ilustrasi anak dan ibu (unsplash.com/Jhon David)

Menjadi orangtua untuk pertama kalinya memang merupakan pengalaman yang luar biasa bagi semua orang. Namun, hal tersebut sering kali juga mendatangkan berbagai pengalaman dan tantangan yang luar biasa, sehingga harus bisa menyesuaikan diri dalam mengemban tanggung jawab yang baru.

Pada saat memiliki anak pertama tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan cermat, termasuk salah satunya adalah mengenai gaya parenting yang nantinya akan diterapkan dalam membentuk tumbuh kembang anak dengan efektif. Para orangtua baru dapat merencanakan gaya parenting untuk anak pertama dengan beberapa tips berikut ini, sehingga nantinya bisa terealisasi dengan baik.

1. Paham tahap perkembangan anak

ilustrasi ayah dan bayinya (unsplash.com/Jimmy Conover)

Sebagai orangtua baru memang sangat penting sekali untuk bisa mempelajari dan juga memahami tahapan perkembangan yang dimiliki anak. Hal ini karena setiap tahap usia anak biasanya akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga harus bisa di ketahui dengan seksama.

Orangtua bisa mulai membaca buku parenting mendengarkan podcast yang membahas perkembangan anak hingga mengikuti kelas khusus. Setidaknya dengan pemahaman yang baik maka bisa menyesuaikan dengan pola asuh yang nantinya akan dilakukan berdasarkan tahap perkembangan si kecil mulai dari bayi hingga balita.

2. Berdiskusi mengenai gaya parenting dengan pasangan

ilustrasi anak sarapan (pexels.com/Monstera Production)

Satu hal penting yang perlu dipahami oleh orangtua adalah kerja sama yang dilakukan dalam mendidik dan membesarkan anak dengan baik. Sebelum anak lahir usahakan untuk berdiskusi dengan pasangan mengenai gaya parenting yang nantinya akan diterapkan, sehingga bisa memiliki pandangan yang sama dan berkompromi tentang cara pengasuhan anak.

Gaya parenting tersebut bisa berkaitan dengan cara mendisiplinkan anak, membagi tugas pengasuhan, hingga nilai-nilai apa saja yang nantinya akan diajarkan pada anak. Melalui kesepakatan tersebut, maka bisa menciptakan adanya konsistensi pada saat mengasuh anak, sehingga bisa menghindari konflik yang mungkin muncul di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Tips Parenting agar Anak Berprestasi ala Mama Axel CoC

3. Siapkan dukungan dan jaringan sosial

ilustrasi keluarga kecil (unsplash.com/Jessica Rockowitz)

Mengasuh anak pertama memang menjadi hal yang sangat menantang, apalagi bagi orangtua baru yang mungkin belum memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, sangat penting sekali untuk bisa memiliki jaringan dukungan yang kuat agar nantinya bisa menerapkan setiap gaya parenting tersebut dengan lebih efektif.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga teman atau pun komunitas penting lainnya apabila memang dibutuhkan. Setidaknya dukungan yang diperoleh bisa membantu untuk mengurangi rasa stres, menawarkan perspektif baru tentang pengasuhan anak, hingga memberikan saran yang lebih praktis.

4. Tetapkan rutinitas dan struktur fleksibel

ilustrasi anak sedang makan (pexels.com/Kampus Production)

Jika kamu ingin menerapkan gaya parenting tertentu pada anak, maka usahakan untuk menetapkan rutinitas dan struktur yang lebih fleksibel. Ternyata rutinitas yang teratur bisa sangat membantu dalam menciptakan rasa aman dan juga stabilitas bagi perkembangan anak ke depannya.

Orangtua harus paham bahwa fleksibilitas tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki anak, sehingga jangan sampai terlalu bebas. Orangtua bisa mulai menerapkan rutinitas tersebut mulai dari membuat jadwal harian yang berkaitan dengan waktu tidur makan, hingga bermain, sehingga nantinya bisa terus disesuaikan seiring perkembangan anak.

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Senang menulis dan berbagi pengetahuan dengan banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya