TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghadapi Anak yang Terlalu Pemalu, Dorong Keberaniannya!

Orangtua harus bisa meyakinkan anak untuk tampil berani

ilustrasi anak kecil (pexels.com/@jonas-mohamadi)

Setiap anak dilahirkan dengan berbagai karakternya yang berbeda-beda dan sering kali mungkin di luar ekspektasi dari orangtuanya. Ada anak yang cenderung aktif dalam bersikap, serta ada pula yang cenderung pemalu.

Sering kali orangtua bingung dalam menghadapi anak-anak yang pemalu, sebab khawatir akan memengaruhi kemampuan bersosialnya nanti. Sebetulnya, orangtua bisa mencoba mengatasi sifat pemalu anak dengan beberapa tips berikut ini.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Anak Harus Menjaga Sabar Menghadapi Orang Tua

1. Jangan memberikan label pemalu pada anak

ilustrasi ayah dan anak (unsplash.com/@carolinehdz)

Orangtua pastinya menyadari penuh bahwa anaknya memang memiliki sifat pemalu dan tidak mau terlalu banyak berbaur. Namun, jangan sampai turut memberikan anak label pemalu di depannya, sebab sering kali anak akan mengartikannya sebagai sesuatu yang negatif. Tidak perlu melabeli anak dengan sebutan apa pun agar tak memengaruhi psikologisnya.

2. Jangan memaksa anak

ilustrasi anak marah dan egois (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Orangtua mungkin banyak berharap agar anaknya bisa berubah menjadi lebih aktif dan percaya dengan dirinya sendiri. Namun, tentu saja hal semacam ini tidak mudah untuk dilakukan dan orangtua pun jelas tidak bisa memaksa anak. Apabila orangtua sampai memaksa anak, maka akan membuat anak merasa tak nyaman dengan sikap tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Anak yang Gampang Marah 

3. Dengarkan alasan anak

ilustrasi anak dan ibu (pexels.com/@wildlittlethingsphoto)

Anak pasti memiliki alasan tersendiri mengapa ia menjadi pribadi yang malu dan terkesan pasif. Ada banyak faktor yang melatarbelakanginya, mulai dari kepribadian internal hingga trauma yang dimiliki. Yang terpenting orangtua dapat mendengarkan alasan anak dengan baik agar bisa menjadi solusinya dan agar anak tetap merasa dihargai.

4. Berikan motivasi padanya

ilustrasi ayah dan anak (unsplash.com/@kellysikkema)

Sebetulnya anak pasti memiliki alasan tersendiri mengapa memiliki sifat pemalu. Orangtua perlu mengetahui hal tersebut dan mendengarkannya secara seksama. Setidaknya, apa pun alasan anak merasa malu atau minder, jangan sampai berhenti memberinya dorongan semangat dan motivasi.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Anak yang Susah Diatur

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya