TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Anak yang Terlanjur Kecanduan Gadget, Ampuh!

Kecanduan ini kerap membuat orangtua merasa khawatir

ilustrasi anak bermain ponsel (unsplash.com/@mckaelataylor)

Kecanggihan teknologi saat ini memang menjadi satu hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan. Alasannya tentu saja karena hampir semua orang secara aktif menggunakan gadget untuk kebutuhan hidup, tak perduli usianya.

Salah satunya adalah aktivitas bermain gadget yang kerap dilakukan oleh anak-anak. Jika dibiarkan begitu saja, kebiasaan ini bisa terus berlanjut pada kecanduan dan menimbulkan dampa negatif. Oleh sebab itu, atasilah kecanduan gadget pada anak dengan beberapa cara berikut ini.

1. Jelaskan pada anak konsekuensi bila kecanduan gadget

ilustrasi berbicara dengan anak (pexels.com/@PNW-Production)

Kebanyakan anak hanya tahu bahwa penggunaan gadget sangatlah menyenangkan. Namun, mereka tidak benar-benar tahu konsekuensi yang mungkin akan diperoleh jika menggunakannya berlebihan.

Inilah yang semestinya bisa orangtua jelaskan pada anak. Jelaskanlah risiko dan konsekuensi yang bisa anak dapatkan, sehingga mereka pun dapat menghindari hal tersebut dengan cermat.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Edukasi di Magelang, Cocok Untuk Anak-Anak

2. Ajak anak melakukan aktivitas menarik lainnya

ilustrasi bermain sepak bola (unsplash.com/@tetrakiss)

Ada banyak alasan mengapa anak bisa sampai kecanduan bermain gadget. Salah satunya adalah rutinitas yang terkesan membosankan, sehingga membuat anak jadi ingin memperoleh hiburan lainnya.

Orangtua perlu mensiasati hal ini dengan memberikan anak kesempatan untuk melakukan banyak aktivitas menarik lainnya. Aktivitas ini dilakukan sebagai cara untuk mendistraksi fokus anak, sehingga tak kecanduan bermain gadget.

3. Membuat jadwal bermain gadget untuk anak

ilustrasi anak bermain ponsel (unsplash.com/@lzzbest)

Sebetulnya tak ada yang salah bila anak memang ingin bermain gadget. Namun, orangtua perlu memastikan bahwa proses bermainnya tak sampai berlebihan dan tak sampai mengganggu aktivitas lain.

Cara terbaik mensiasatinya adalah dengan membuat jadwal untuk bermain gadget pada anak. Setidaknya dengan jadwal tersebut maka anak tak akan menghabiskan waktunya secara berlebihan di depan gadget.

4. Tidak memaksa atau memarahi

ilustrasi memarahi anak (pexels.com/@gabby-k)

Melihat anak yang kecanduan gadget memang terkadang membuat orangtua mudah naik darah. Hal ini jadi membuat orangtua mudah meledak-ledak dengan memarahi anak begitu saja. Padahal anak juga belum mengerti bahwa apa yang dilakukannya adalah hal keliru.

Sebaiknya orangtua tak perlu sampai memaksa dan memarahi anak secara berlebihan. Hal ini justru akan membuat anak merasa tak nyaman dan seolah dikekang. Cukup jelaskan secara perlahan agar nantinya anak pun bisa memahami dengan baik.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Menjadi Terlalu Pasif, Orangtua Wajib Tahu!

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya