TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Mendukung Minat dan Bakat Anak, makin Terasah! 

Orangtua bisa mendukung minat dan bakat dengan berbagai cara

ilustrasi seni bela diri pada anak (pexels.com/RDNE Stock project)

Setiap anak memang memiliki minat dan bakat yang berbeda-bedak sehingga hal ini perlu dikenali oleh orangtua agar bisa terus didukung dengan baik untuk masa depannya. Sebagai orangtua tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam mengidentifikasi, mendukung, dan membantu anak dalam mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya, sehingga tidak terbuang sia-sia.

Mendukung minat dan bakat anak bukan sekadar memberi fasilitas yang dibutuhkan, namun juga tentang memberikan dukungan emosional, kesempatan belajar, hingga lingkungan yang kondusif. Oleh sebab itu, ada beberapa cara berikut ini yang mungkin bisa orangtua lakukan untuk mendukung minat dan bakat anak secara maksimal agar nantinya bisa terus terasa hingga dewasa nanti.

1. Mengenali minat dan bakat anak sejak dini

ilustrasi anak berenang (unsplash.com/Mieke Campbell)

Langkah pertama yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mendukung minat dan bakat anak adalah dengan mengenali apa yang disukainya sejak dini. Coba amati dengan cermat apa saja yang memang anak sukai atau pun antusias dalam melakukannya, entah itu mengenai aktivitas sehari-hari atau pun pada saat bermain, sehingga orangtua bisa memastikan hal tersebut.

Jika memang anak senang menggambar bermain musik atau pun memiliki ketertarikan tersendiri terhadap sains, maka bisa mulai memberikan dukungan dengan menyediakan alat-alat yang mungkin diperlukannya. Semakin dini mengenali minat dan bakat anak, maka semakin cepat pula kesempatan untuk membimbing mereka agar bisa terus berkembang.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Sombong di Depan Orang yang Pernah Meremehkanmu

2. Memberikan fasilitas dan sarana yang mendukung

ilustrasi menemani anak belajar (pexels.com/August de Richelieu)

Orangtua memang memiliki tanggung jawab dan peran dalam membantu memberikan fasilitas atau pun sarana yang dibutuhkan oleh anak. Setidaknya jika orangtua telah mengetahui apa yang diminati oleh anak, maka coba bantu mereka dengan menyediakan fasilitas atau pun sarana yang memang diperlukan, sehingga dapat mendorong kemampuan yang dimilikinya.

Salah satu contohnya adalah jika anak tertarik pada seni, maka coba berikan peralatan menggambar atau pun kursus seni yang mungkin diperlukan anak. Selain itu, jika anak menyukai olahraga, maka pastikan bahwa mereka memiliki akses ke peralatan atau pun latihan yang diperlukan, sehingga fasilitas tersebut dapat mempermudah anak untuk mengeksplorasi minatnya secara lebih dalam.

3. Dukung anak dengan pujian dan motivasi

ilustrasi ibu dan anak (unsplash.com/Eye for Ebony)

Mendukung anak secara emosional ternyata memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengembangan bakatnya sejak dini. Orangtua mungkin bisa berusaha untuk memberikan pujian dan juga dorongan positif ketika anak sudah menunjukkan kemajuan atau pun usaha yang keras dalam mengembangkan minatnya sejak awal.

Hindari kebiasaan membandingkan anak dengan orang lain, serta fokuslah pada usaha dan juga kemajuan mereka dalam mencapai tujuan. Mungkin melalui motivasi yang baik secara terus menerus justru dapat membantu anak untuk merasa dihargai dan juga semakin bersemangat dalam belajar, sehingga potensi minat dan bakatnya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

4. Memberikan kesempatan untuk mengasah keterampilannya

ilustrasi adik kakak (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Sebetulnya bukan hanya fasilitas saja yang mungkin bisa orangtua siapkan, namun anak anak juga membutuhkan kesempatan agar bisa mengasah keterampilannya. Orangtua bisa mulai mencari kegiatan atau pun komunitas yang mungkin sesuai dengan minat anak, seperti mendaftarkan lomba, membantu anak untuk bergabung dengan klub tertentu, atau pun menghadiri workshop.

Mungkin saja melalui kesempatan untuk mengasah keterampilan, anak maka mereka dapat memiliki pengalaman secara nyata untuk mengembangkan bakatnya. Hal ini akan memperluas pengetahuan dan juga keterampilan mereka dalam bidang yang diminati sejak awal, sehingga akan terus berkembang seiring jalannya waktu

Mendukung minat dan bakat anak memang berguna bagi buah hati, sebab dapat membawa dampak positif untuk masa depannya. Selain itu, mengenali mina nya sejak kecil juga akan membantu orangtua dalam memberikan fasilitas yang memadai agar bisa terus meningkatkan motivasi dan semangat anak dalam belajar. Terus dampingi anak selama mengembangkan potensinya!

Baca Juga: 4 Tips Mendidik Anak agar Bisa Bersikap Lemah Lembut

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Senang menulis dan berbagi pengetahuan dengan banyak orang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya