TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Barang Penting yang Wajib Dibawa saat Mudik dengan Balita, Catat!

Buat list barang yang akan dibawa agar tidak lupa, ya

ilustrasi mudik (freepik.com/Freepik)

Mengingat Lebaran tinggal menghitung hari, tentunya kita akan segera merasakan momen mudik bersama keluarga ke kampung halaman, nih. Mudik menjadi perjalanan yang begitu panjang, sehingga penting untuk mempersiapkan barang bawaan wajib untuk balita.

Usahakan untuk list barang yang akan dibawa agar tidak terlupa saat mudik. Kira-kira apa saja yang barang perlu dibawa saat muda saat mudik Lebaran bersama balita, ya? Check this out!

1. Selimut

Ilustrasi menggunakan selimut (pexels.com/Eren Li)

Balita belum sepenuhnya bisa mengatur suhu tubuhnya seperti orang dewasa, maka selimut menjadi barang yang tidak boleh terlewat saat mudik Lebaran. Usahakan membawa selimut dengan bahan yang bagus agar si kecil nyaman saat perjalanan.

Selain agar si kecil tidak merasa kedinginan, selimut juga bisa dipakai sebagai apron bagi para ibu yang masih menyusui, nih. Jangan lupa ya, Moms!

2. Tempat dan alat makan

ilustrasi alat makan (pexels/Karolina Grabowska)

Tentunya, penting untuk menjaga kesehatan si kecil saat mudik Lebaran. Apalagi, ia akan melalui perjalanan panjang yang pastinya membutuhkan camilan saat perjalanan, nih.

Itulah sebabnya, sebaiknya orangtua membawa sendiri alat makan untuk si kecil agar kebersihannya lebih terjaga. Selain itu, membawa tempat makan juga bisa membuat para ibu mengetahui takaran makanan atau camilan si kecil.

3. Botol minum antitumpah

ilustrasi botol minum (unsplash.com/taylor65s)

Jangan sampai selama perjalanan mudik Lebaran si kecil merasa tidak nyaman karena tempat duduk yang basah karena air yang tumpah. Maka dari itu, penting untuk memilih botol minum anti tumpah untuk antisipasi, nih.

Saat ini, kamu bisa menemukan atau membeli botol anti tumpah lewat online. Pilihlah yang menggunakan bahan berkualitas bagus agar kesehatan si kecil tetap terjaga, ya!

4. Camilan atau snack

Ilustrasi snack (unsplash.com/redaquamedia)

Si kecil cenderung akan merasa bosan atau cepat bosan saat perjalanan. Itulah sebabnya, penting untuk para orangtua membawa snack atau camilan yang banyak sebagai teman si kecil selama perjalanan.

Meski begitu, tetap perhatikan jenis snack yang dipilih. Hindari terlalu banyak memberi si kecil snack kemasan yang terlalu banyak mengandung gula.

5. Termometer

ilustrasi termometer (pexels.com/maksgelatin)

Memang sebaiknya kita membawa termometer sebagai bentuk antipasi selama mudik Lebaran. Apalagi, si kecil rentan mengalami gejala demam karena perbedaan suhu saat perjalanan, nih.

Itulah sebabnya, termometer menjadi barang yang tidak boleh terlewat saat mudik. Apalagi di tengah cuaca yang kerap berubah-ubah seperti saat ini, Moms.

Baca Juga: 7 Tips Packing Antiribet saat Mudik Bersama Bayi, Dijamin Nyaman!

6. Popok sekali pakai

ilustrasi popok (freepik.com/photodaria)

Meski si kecil sudah lolos toilet training, tetapi tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan membawa stok popok sekali pakai. Apalagi, kadang kita kesulitan mencari toilet dalam perjalanan, lho.

Pilih jenis popok dengan kualitas terbaik yang tidak akan menyebabkan kulit si kecil mengalami iritasi, ya. Pastikan untuk membawa secukupnya.

7. Obat-obatan dan P3K

ilustrasi pertolongan pertama pada kecelakaan (pixabay.com/sabinevanerp)

Meski berharap tidak terjadi sesuatu saat perjalanan, tetapi tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan tetap membawa obat-obatan atau P3K. Apalagi, jika si kecil memiliki alergi atau riwayat penyakit yang mengharuskannya mengonsumsi obat.

Bawalah parasetamol, obat alergi, obat sakit perut, obat asam lambung, plester luka, obat batuk. Selain itu, jangan lupa siapkan juga krim ruam popok, dan bedak dingin atau krim biang keringat.

8. Kursi makan

ilustrasi tempat makan (dok. ProductNation)

Jika si kecil saat ini sedang latihan makan sendiri, maka penting untuk membawa kursi makan khusus, ya. Karena tidak semua tempat makan atau restoran memilikinya.

Dengan membawa kursi kecil, orangtua pun akan bisa makan dengan tenang. Ibu tidak perlu harus bergantian makan dengan ayah, nih.

9. Car seat

ilustrasi car seat (sydneycriminallawyers.com.au)

Demi keamanan si kecil saat mudik Lebaran, usahakan untuk memakai car seat. Karena memangkunya saat sedang naik mobil, malah menempatkan si kecil dalam posisi bahaya.

Jika memakai transportasi umum, kamu bisa menyewanya untuk keamanan si kecil. Jangan biasakan memangku si kecil, ya!

10. Kipas angin portabel

ilustrasi kipas angin portabel (instagram.com/wego_official)

Selama perjalanan, kita tidak pernah tahu cuaca ataupun suhu seperti apa yang akan kita hadapi, nih. Itulah sebabnya, jangan lewatkan barang yang satu ini.

Para orangtua bisa membelinya secara online untuk mencegah si kecil agar tidak merasa kepanasan saat mudik Lebaran. Pilih yang tidak terlalu besar agar lebih praktis.

11. Mainan atau buku favorit

ilustrasi mainan (freepik.com/Creativebird)

Karena perjalanan yang panjang, tentunya si kecil akan merasa bosan. Maka dari itu, jangan lupa memperhatikan kegiatan yang akan dilakukan dalam mobil juga, nih.

Sebaiknya bawalah beberapa mainan atau buku favoritnya yang bisa membuat si kecil merasa enjoy saat mudik. Namun, pilihlah mainan atau buku yang tidak terlalu besar dan memakan tempat, ya!

Baca Juga: 11 Persiapan Mudik Naik Mobil 2023, Kamu Harus Cek Ini

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya