TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Rekomendasi Botol Susu Bayi, Aman dan Bebas BPA!

Jangan sembarangan pilih, ya

ilustrasi bayi (pexels.com/Sarah Chai)

Botol bayi menjadi barang penting di rumah, sehingga orang lain bisa membantumu dalam memberikan ASI untuk si kecil. Namun memilih botol bayi juga gak bisa sembarangan. Mengutip National Childbirth Trust (NCT), sejak 2011 sudah dilarang penggunaan Bisphenol A (BPA) pada botol bayi. Hal ini karena kekhawatiran bahan kimia tersebut dapat keluar dari plastik dan diserap oleh bayi. Selain itu, dilansir dari Good Housekeeping, menurut dokter anak Harvey Karp, M.D., memilih botol untuk bayi adalah proses coba-coba hingga menemukan yang cocok untuk si kecil.

Harvey pun menyarankan untuk tidak membeli terlalu banyak merek, sampai kamu yakin merek tersebut adalah yang terbaik untuk anak. Di pasaran juga banyak sekali pilihannya, berikut ini beberapa rekomendasi botol susu bayi yang jadi pertimbangan.

1. Dr. Brown's Standard Baby Bottle

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/Dr Brown's Official Shop)

Dr. Brown’s mengklaim satu-satunya botol susu dengan Interval Vent System yang dapat mempertahankan nutrisi ASI lebih lama dibandingkan media lainnya. Teknologi tersebut membuat bayi minum senyaman melalui payudara. Dengan begitu kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi dengan baik dan daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat.

Botol ini efektif mencegah terjadinya bingung puting karena memberikan aliran alami yang menyerupai payudara. Ada empat benefit utama botol Dr. Brown’s, yakni reduce colic, maintain vitamin, natural flow, dan better sleep. Material botol menggunakan polypropylene (PP) dan free BPA. Dapatnya botol ini dengan harga Rp199 ribuan.

2. BEVAVAR Botol Susu Bayi 3In1

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/Bevavar Official Store)

Berikutnya ada produk dari BEVAVAR yang bisa menjadi pilihan terbaik. Produk ini terbuat dari PC dan gel silika nano perak serta sudah BPA free. Jadi, aman untuk digunakan bayi. Untuk kapasitasnya tersedia 240ml dan 300ml.

Ketika kamu membeli botol susu BEVAVAR, sudah termasuk dengan tiga dot tipe bebek, minum langsung, dan standar. Untuk metode desinfeksi bisa dengan uap, air mendidih, dan ultraviolet. Untuk harganya di kisaran Rp25-Rp65 ribuan.

3. Tommee Tippee Botol PP Close to Nature Black

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/Tommee Tippee Official Shop)

Tommee Tippee Closer to Nature Botol Bayi PP memiliki leher dot yang lebar dan super lembut (original wide neck soft teat. Dengan bentuk botol yang pas digenggam, akan membuat bayi merasakan pengalaman secara alami seperti menyusui langsung dari payudara ibu.

Dot nipple terbuat dari 100 persen silikon medical grade. Produk ini menggunakan teknologi katup ventilasi yang mengurangi udara penyerapan dalam botol yang membuat kualitas nutrisi ASI tidak menurun dan bayi lebih nyaman.

Bentuk botol Close to Nature yang compact akan memungkinkan bayi untuk lebih dekat dengan ibu. Produk ini bebas dari BPA dan bahan berbahaya lainnya, sangat aman digunakan untuk bayi. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp142-Rp242 ribuan.

4. My Baby Kingdom Wide Neck Baby Bottle

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/My Baby Kingdom Official Shop)

My Baby Kingdom Wide Neck Baby Bottle cocok untuk bayi newborn sampai usia tiga bulan. Dengan produk 120 ml menggunakan nipple size S dan botol 260 ml memakai nipple size L yang pas untuk usia 6-12 bulan.

Produk ini menjawab kebutuhan ibu untuk mencari botol susu dengan kualitas PP yang tebal dan premium. Botol ini memiliki beberapa keunggulan seperti wide neck yang menyerupai bentuk payudara alami, anti colic, love arch, silicone nipple, dan masih banyak lagi.

Dot berbahan silicon lembut dan berbentuk spiral yang lentur untuk pergerakan lidah anak yang nyaman. Produk sudah BPA free, 100 persen silicone food grade, phthalate free, dan PVC free. Untuk harganya Rp19-Rp52 ribuan.

Baca Juga: Seberapa Sering Botol Susu Bayi Harus Diganti? Ini Penjelasannya!

5. Philips Avent Natural Bottle Single 125 ml 0M+ SCF690

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/Philips Official Shop)

Philips Avent Natural Bottle menggunakan bahan dot yang sangat lembut dan desain spiral fleksibel, sangat mirip dengan puting payudara. Kelopak yang nyaman dan bentuk puting alami memudahkan mulut bayi menempel dan memudahkan kamu mengombinasikan antara ASI dan susu botol.

Dirancang untuk proses menyusu yang lebih nyaman dan memuaskan bagi bayi. Desain spiral digabungkan dengan kelopak yang nyaman di dalam dot meningkatkan kelembutan dan kelenturan, memungkinkan pergerakan lidah yang alami tanpa membuat dot mengempis. Produk sudah free BPA dan dibandrol dengan harga Rp84 ribuan.

6. MOMI HOMI Botol Susu Wide Neck Baby Bottle PP

Ilustrasi botol susu bayi (Shopee/Momi Homi Official Store)

MOMI HOMI memberikan botol susu bayi dengan bentuk yang ergonomis, mudah digenggam, dan memiliki dot yang terbuat dari silikon food grade. Botol ini tahan panas hingga suhu 110ºC dengan kapasitas 180ml dan pastinya sudah BPA free.

Terbuat dari bahan food grade Polypropylene (PP), yang dapat disteril dengan cara direbus selama kurang lebih 1-2 menit. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp26-Rp34 ribuan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya