TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bawa Balita Naik Pesawat agar Tidak Rewel

Anak-anak nyaman, ibu jadi tenang

Ilustrasi bayi di pesawat (unsplash.com/plhnk)

Intinya Sih...

  • Pastikan anak makan dengan baik sebelum penerbangan untuk menghindari ketidaknyamanan dan masuk angin.
  • Berikan kesempatan anak bermain sebelum perjalanan agar mereka lelah dan bisa tidur di pesawat.
  • Bawa camilan favorit anak, pakaian yang nyaman, mainan, dan penutup telinga untuk menjaga kenyamanan balita selama perjalanan.

Pesawat adalah alat transportasi yang sangat efektif dan efisien dalam menghemat banyak waktu dan tenaga. Kebutuhan untuk sampai di tujuan dengan cepat membuat banyak orang menggunakan moda transportasi pesawat. Namun, ini akan menjadi tantangan jika kamu bepergian dengan balita. Banyak orang menghindari duduk bersebelahan dengan balita karena seringkali mereka rewel.

Hal ini tak dapat dihindarkan karena beberapa sebab tertentu membuat balita tidak nyaman. Oleh karenanya, sebagai orangtua sebaiknya mempersiapkan balita sebelum terbang dengan pesawat. Sehingga, anak tidak mengganggu penumpang lain dan tetap nyaman dalam perjalanan. Simak lima tipsnya sebagai berikut!

1. Pastikan anak merasa kenyang sebelum bepergian

ilustrasi anak sedang makan (unsplash.com/providence)

Sebelum melakukan penerbangan, pastikan anak makan dengan baik. Hal ini akan membuatnya tenang dan menghindari masuk angin di perjalanan. Terlebih bagi balita, seringkali mereka resah karena lapar, tapi sulit mengenali situasinya.

Oleh karenanya, lebih baik menghindari hal seperti ini karena makan di pesawat tentu akan membuatnya tidak terlalu nyaman. Jadi, pastikan anak untuk makan dengan kenyang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

2. Biarkan anak-anak bermain sebelumnya

ilustrasi menggendong anak (pexels.com/elly-fairytale)

Kedua, biarkan anak bermain sebelum melakukan perjalanan. Secara gak langsung ini akan membuat anak berada dalam mood yang bagus. Selain itu juga anak akan sedikit kelelahan setelahnya yang membuat mereka akhirnya bisa tidur di pesawat.

Anak-anak bisa tidur di sebagian besar waktu dalam perjalanan. Hal ini bisa membuat mereka nyaman karena sudah lelah bermain. Paling penting adalah gak membuat mereka terlalu berlebihan ketika bermain, sewajarnya saja.

3. Siapkan camilan kecil untuk dibawa

ilustrasi camilan ringan (pexels.com/thatguycraig000)

Jangan lupa pula untuk membawa camilan yang disukai anak-anak. Memberikan anak camilan adalah langkah ampuh agar membuatnya nyaman. Hal ini bisa mendistraksi anak dari merasa bosan di perjalanan.

Camilan bisa berupa kudapan ringan, buah-buahan, biskuit, yogurt dan sebagainya. Memakan camilan akan menghindari anak dari merasa kelaparan di tengah perjalanan. Selalu utamakan kenyamanan anak agar mereka tidak rewel.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Peroleh Secara Gratis di Pesawat

4. Pastikan anak memakai pakaian yang nyaman

ilustrasi outfit anak (unsplash.com/alvinmahmudov)

Tinggalkan dulu tren airport outfit, utamakan kenyamanan. Terkadang hal ini luput dari perhatian, karena sebagian orang hanya mementingkan penampilan. Hal ini gak penting bagi anak karena jika anak tidak nyaman, maka setelan sebagus apa pun akan percuma.

Pastikan anak memakai pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Cari bahan yang dingin dan menyerap keringat, juga simpel dan gak ribet. Pakaian yang nyaman akan membuat anak merasa nyaman pula, jadi mereka bisa menikmati perjalanan tanpa terganggu karena pakaiannya.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya