TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pigeon Rilis Ragam Botol Susu Terbaru, Ada yang Selembut Marshmallow!

Nyaman selayaknya bayi menyusu ASI secara alami

Peluncuran Pigeon New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck di Hutan Kota by Plataran. 17 September 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Intinya Sih...

  • ASI merupakan nutrisi penting bagi bayi, namun tidak semua ibu mampu memberikan ASI alami
  • Pigeon mengembangkan New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck untuk memberikan kenyamanan pada proses menyusui
  • Biomass-PP yang digunakan dalam botol susu Pigeon memiliki jejak karbon 70% lebih rendah dibandingkan dengan PP berbasis fosil

Jakarta, IDN Times - Bagi kebanyakan orang, persiapan pasca menikah akan langsung tertuju pada proses kehamilan hingga akhirnya melahirkan. Padahal, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) menjadi periode krusial bagi ibu dan bayi, sehingga perlu diperhatikan dan dipersiapkan jauh lebih baik daripada hal lain.

Bayi memerlukan pemenuhan nutrisi ASI (Air Susu Ibu) dengan baik agar tumbuh kembangnya maksimal. Oleh karenanya, pada periode ini, perhatian ibu harus fokus dengan kegiatan menyusui sambil memulihkan diri.

Sayangnya, gak semua orang mampu melakukan aktivitas multitasking seperti itu. Beberapa ibu bahkan sering kali merasa cemas, gusar, dan emosinya gak stabil sehingga memerlukan dukungan guna memberikan ASI eksklusif secara lancar.

Menjawab permasalahan ini, Pigeon, berusaha mempermudah ibu dan bayi dalam memberikan pengalaman menyuisi yang lebih baik dengan meluncurkan New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck. Melalui acara peluncuran yang diadakan pada Selasa (17/9/2024) di Hutan Kota by Plataran, mari simak keunggulan botol susu baru tersebut.

1. Inovasi terbaru yang sudah melalui riset selama 70 tahun

Peluncuran Pigeon New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck di Hutan Kota by Plataran. 17 September 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

ASI menjadi asupan nutrisi paling penting bagi bayi yang baru lahir. Sayangnya, gak semua ibu mampu memberikan ASI alami sehingga memerlukan dukungan alat bantu. Salah satunya dengan botol susu dan dot.

Melalui riset yang telah dilakukan kurang lebih 70 tahun, Pigeon mengembangkan produk teranyarnya guna memberikan kenyamanan bagi bayi di seluruh dunia ketika menyusu, sehingga terasa lebih alami dan dapat memenuhi asupan ASI dan tumbuh dengan sehat. 

“Pigeon terus berinovasi agar setiap bayi yang menggunakan botol susu Pigeon, dapat merasakan pengalaman yang sama seperti saat mereka menyusu secara eksklusif. Hari ini, kami dengan bangga memperkenalkan generasi baru SofTouch Nursing Bottles yang memberikan kenyamanan bagi bayi layaknya menyusu secara langsung. Dan juga, botol ini sekarang menggunakan bahan ramah lingkungan sebagai bagian dari komitmen Pigeon untuk menciptakan dunia yang baby-friendly,” jelas Masataka Hongo, Managing Director, Pigeon.

Komitmen untuk menciptakan dunia yang baby-friendly, membuat Pigeon hadir dengan botol New SofTouchTM Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck yang menggunakan 20 persen Biomass-PP, yang telah disertifikasi oleh International Sustainability and Carbon Certification (ISCC). Hal itu menjadikannya botol susu pertama di Indonesia yang ramah lingkungan.

2. Hasilnya, produk Pigeon terbaru menerapkan tiga keunggulan yang membuat bayi semakin nyaman menyusu

Peluncuran Pigeon New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck di Hutan Kota by Plataran. 17 September 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Dalam risetnya, Pigeon menemukan tiga faktor utama dalam proses menyusu secara alami agar bayi merasa nyaman. Berikut di antaranya:

  1. Proses latching on atau pelekatan bibir bayi saat menyusui. Pada faktor ini, ditemukan bahwa bayi membuka mulutnya dengan lebar dan melekat erat bukan saja pada puting ibu, tetapi juga seluruh areola.
  2. Gerakan peristaltik lidah atau mengisap. Ketika bayi mengisap, terdapat gerakan lidah yang halus menyerupai alunan gelombang.
  3. Proses menelan atau swallowing. Pada proses ini, satu teguk ASI harus sesuai dengan kebutuhan karena bila berlebihan, akan menyebabkan bayi tersedak. Hal itu dikarenakan pangkal tenggorokan bayi berbeda dari orang dewasa.

3. Desain dan teknologi yang digunakan juga memberikan sensasi menyusu alami bagi bayi

Peluncuran Pigeon New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck di Hutan Kota by Plataran. 17 September 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Berangkat dari penemuan tersebut, Pigeon mengembangkan SofTouch Nipple yang memberikan kenyamanan bagi bayi selayaknya menyusu ASI secara alami. Di sisi lain, terdapat beberapa keistimewaan, yakni:

  1. Desain bentuk dot lebar, memastikan bibir bayi dapat melekat dengan sempurna pada dot, memberikan kenyamanan optimal selama menyusui. Terdapat Latch On-Line (garis pelekatan) sebagai panduan bagi ibu-ayah dan orang terdekat untuk melekatkan dot ke bibir bayi dengan posisi yang tepat, serta membantu mencegah kebocoran dari sisi samping dot. Kedua fitur tersebut memberikan kenyamanan pada proses pertama, yaitu proses latching on atau pelekatan.
  2. Bahan silikon lembut dan elastis agar tidak mengganggu gerakan lidah alami bayi dengan puting susu buatan yang selembut puting ibu. Pemilihan bahan silikon lembut dan elastis ditujukan untuk mendukung proses kedua, yakni gerakan lidah bayi saat mengisap, meniru alunan gerakan peristaltik yang alami.
  3. SofTouch Nipple hadir dalam berbagai jenis ukuran untuk mendukung perkembangan kemampuan bayi dalam mengisap dan kebutuhan jumlah ASI dalam proses ketiga, yakni menelan. Dilengkapi dengan lubang AVS (Air Ventilation System) untuk mengurangi kemungkinan bayi mengisap udara yang berlebih sehingga dapat mencegah bayi mengalami kembung.

Baca Juga: 125 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Estetik Bernuansa Alam

4. Faktanya, pemberian ASI penting untuk dioptimalkan, terutama pada masa 6 bulan pasca melahirkan

Peluncuran Pigeon New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck di Hutan Kota by Plataran. 17 September 2024. (IDN Times/M. Tarmizi Murdianto)

Pada sesi talk show yang diadakan saat acara Peluncuran New SofTouch Nursing Bottle Biomass-PP Wide Neck, dr. I.G.A.N Partiwi, SpA., MARS memaparkan bahwa menyusui adalah aktivitas dasar yang sangat diperlukan di awal kehidupan bayi, bukan sekadar proses memberikan nutrisi bagi si kecil. Maka dari itu, pemberian ASI penting untuk dioptimalkan, terutama pada masa 6 bulan pasca melahirkan.

"Menyusu langsung dari payudara ibu perlu dilakukan sesering mungkin untuk menstimulasi produksi ASI dan menciptakan kedekatan antara bayi dan ibu (bonding). Namun, tidak semua ibu beruntung dapat memberikan ASI eksklusif pada bayinya secara langsung melalui payudara. Dalam kondisi tertentu, selain bayi sakit atau bayi prematur, ketika ibu kembali bekerja atau aktif di luar rumah, maka pemberian ASI yang diperah, harus dilakukan dengan media tertentu,” katanya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya