TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Anak Laki-Laki Tiru dari Ayahnya

Berikan yang terbaik ya, Dads!

ilustrasi ayah dan anak laki-laki (pexels.com/Pixabay)

Selain ibu, seorang anak juga sangat membutuhkan sosok ayah untuk mendampinginya, utamanya bagi anak laki-laki. Para ayah merupakan sosok yang diidolakan anak lelaki.

Apapun yang dilakukan ayah sehari-hari dan itu dilihat oleh anak laki-lakinya, besar kemungkinan akan ditirunya nanti. Lalu, hal apa saja yang bisa ditiru anak laki-laki dari ayahnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Dibutuhkan Anak Laki-Laki dari Ayahnya, Catat!

1. Cara ayah memperlakukan ibunya  

ilustrasi ayah melindungi ibu (pexels.com/Josh Willink)

Wahai para ayah, tahukah kalian bahwa anak laki-lakimu tanpa sadar akan meniru caramu memperlakukan perempuan seperti ibu, nenek dan tante. Anak laki-lakimu akan mengira bahwa memang seperti itulah seharusnya perlakuan seorang laki-laki terhadap perempuan.

Maka, apabila ayah memperlakukan perempuan dengan lembut dan sopan, kelak jika dewasa nanti, ia juga akan melakukan hal yang sama. Sebab perilaku yang kerap dilihatnya akan membekas di ingatannya. Dan itu bermula dari keluarga, tempat ia dibesarkan.

Baca Juga: Ide Nama Anak Laki-laki dari Keluarga Lionel Messi, Maknanya Apik!

2. Cara ayah memperlakukan anak  

ilustrasi ayah dan anak laki-laki (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Tak hanya anak perempuan yang ingin bermanja dengan ayahnya, anak lelaki pun selalu menunggu momen untuk lebih dekat dengan ayahnya. Seorang anak akan merasa istimewa dan berharga apabila ayahnya sering meluangkan waktu untuk dirinya.

Melakukan me time berdua dengan anak lelaki seperti menemaninya bermain atau datang ke perlombaan di sekolahnya menjadikan kenangan indah untuknya. Kehadiran dan dukungan ayah sangat berarti baginya. Suatu hari nanti, ia juga akan memperlakukan anaknya dengan baik.

3. Cara ayah berjuang untuk keluarga 

ilustrasi ayah bekerja (pexels.com/Anamul Rezwan)

Jangan remehkan meski ia masih anak-anak. Mereka juga bisa memahami bagaimana perjuangan ayahnya dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga kecilnya. Melihat ayahnya yang rajin dan penuh semangat, ia pun akan melakukan hal yang sama saat berkeluarga nanti.

Ayah adalah role model pertamanya. Maka bila ayah bermalas-malasan, sibuk main game sementara ibunya yang menjadi tulang punggung keluarga, hal ini menjadi contoh yang buruk bagi anak. Sebisa mungkin, tanamkan kemandirian sejak dini. Sebab tanggung jawab sebagai kepala keluarga ada pada anak laki-laki saat ia menikah nanti.

4. Cara kepemimpinan 

ilustrasi keluarga (pexels.com/Anna Shvets

Melalui ayah, seorang anak laki-laki belajar menjadi laki-laki sejati dan kepemimpinan. Ia akan melihat bagaimana ayahnya menjadi leader di keluarga kecilnya. Dengan demikian, ia akan meniru cara kepemimpinan yang baik dibanding mengikuti temannya.

Pemimpin yang baik tentunya berbeda dengan bos yang hanya memerintah, tanpa mengayomi. Jika sedari kecil ia sudah memahami konsep kepemimpinan yang baik dalam keluarga, kelak di lingkungan sosial lainnya pun ia akan menjadi pemimpin yang disenangi.

Baca Juga: Arti Nama Anak Kedua Tasya Farasya, Ayang Dapat Adik Laki-laki

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya