TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Inspirasi Nama untuk Anak Kedua Laki-laki dari Bahasa Jawa

Gak cuma Dwi saja, lho

Pexels.com/Pixabay

Banyak pilihan nama anak dari bahasa Jawa yang digemari hingga kini. Gak cuma lafalnya yang apik, maknanya pun indah dan filosofis.

Berikut ini sepuluh ide nama bayi laki-laki Jawa anak kedua yang bisa kamu contoh. Selain Dwi, ada banyak pilihan nama menarik, lho!

1. Dwisa

Pexels.com/Victoria Borodinova

Dalam bahasa Jawa, urutan kedua disebut "Dwi". Gak heran istilah ini sering disisipkan pada nama anak kedua.

Biar lebih menarik, lafalnya bisa dimodifikasi menjadi "Dwisa". Artinya sama kok, yaitu urutan kedua. 

2. Dwiarya

unsplash.com/Ana Tablas

Biar maknanya jadi lebih indah, nama "Dwi" bisa digabung dengan kata lain yang punya makna bagus. "Dwiarya" misalnya, diambil dari kata 'dwi' dan 'arya'.

Dalam bahasa Sanskerta dan Jawa kuno, 'arya' berarti bangsawan atau sosok terhormat. Jika digabungkan, "Dwiarya" bermakna bangsawan kedua atau anak kedua yang terhormat.

3. Dwipradipta

Pexels.com/Victoria Borodinova

Pilihan lain modifikasi nama "Dwi", gabungkan dengan kata "Pradipta" yang bermakna sinar terang. Jika digabungkan, "Dwipradipta" jadi bermakna sinar kedua yang terang. Cocok, nih dijadikan nama belakang.

Beberapa rangkaian nama yang bisa dipilih seperti Dwipradipta Putra yang bermakna laki-laki kedua yang bersinar terang. Atau rangkaian nama Akbar Dwipradipta yang berarti cahaya kedua yang besar dan terang.

4. Adhi

Pexels.com/Pixabay

Kata "Adhi" dalam bahasa Jawa berarti adik, bisa laki-laki maupun perempuan. Jika penulisannya kurang huruf 'h' saja, maknanya jadi berubah. "Adi" dalam bahasa Jawa bermakna paling atau ter-, contohnya "Adiguna" yang memiliki arti paling berguna.

Meski begitu, kedua nama tersebut sama-sama punya makna yang baik. Namun untuk anak kedua, nama "Adhi" lebih tepat sesuai maknanya.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dalam Bahasa Arab, Maknanya Indah!

5. Dimas

Pexels.com/Daniel Reche

"Dimas" adalah panggilan dalam bahasa Jawa yang digunakan untuk anak laki-laki yang lebih muda. Konon, "Dimas" adalah singkatan dari adhi mas, yang berarti adik laki-laki.

Penulisannya bisa dimodifikasi menjadi Dhimas atau Adimas. Nama ini cukup populer di Indonesia, beberapa figur publik menggunakannya seperti Dimas Seto dan Dimas Anggara.

6. Rayi

Pexels.com/Vidal Balielo Jr.

Selain Adhi dan Dimas, kata "Rayi" dalam bahasa Jawa juga bermakna adik. Dalam bahasa Sunda, "Rayi" juga memiliki makna yang sama.

Contoh rangkaian nama anak laki-laki dengan kata "Rayi" misalnya Arizki Rayi Putra, yang jika diartikan memiliki makna rezeki anak laki-laki kedua.

7. Aswari

Pixabay.com/bubblebinu

Memilihkan nama untuk anak kedua gak harus yang bermakna adik atau dua. Bisa juga menggunakan nama yang memiliki arti muda, seperti "Aswari".

Dalam bahasa Jawa, "Aswari" bermakna semangat muda atau semangatnya orang muda. Menarik juga, kan dijadikan nama anak kedua?

8. Anom

unsplash.com/Oleg Sergeichik

Kata lain dalam bahasa Jawa yang bermakna muda adalah "Anom". Berasal dari kata 'enom' yang memiliki arti muda.

Nama "Anom" mengingatkan pada sosok dewa berwujud kera putih dalam cerita Ramayana, yaitu Hanoman. Sosok ini punya banyak sifat baik yang bisa diteladani lho, di antaranya suka menolong dan melindungi.

9. Annar

unsplash.com/Colin Maynard

Punya lafal unik, "Annar" bisa dijadikan nama untuk anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki. Nama ini berasal dari bahasa Jawa kuno dan Sanskerta, yang memiliki arti kelahiran kedua.

"Annar" bisa dikombinasikan dengan nama lain dalam bahasa Jawa yang memiliki makna indah. Misalnya Annar Abyakta, yang jika diartikan menjadi anak laki-laki kedua yang tegas.

Baca Juga: 15 Inspirasi Nama Anak Perempuan Bermakna Indah dari Bahasa Jawa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya