TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Efektif Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari, Praktikkan!

Botol susu jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan

Ilustrasi bayi dengan empeng (pexels.com/Keira Burton)

Intinya Sih...

  • Bayi rewel di malam hari bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti lapar, popok basah, kelelahan, perut kembung, dan kolik.
  • Cara mengatasi bayi yang sering rewel di malam hari antara lain dengan memberikan cukup ASI, melakukan pijat bayi, menggendong bayi, dan memastikan kondisi popok.
  • Botol susu COMOTOMO hadir sebagai solusi terbaik untuk mencegah dan mengatasi kondisi kolik pada bayi serta membantu proses menyusui semakin lancar dengan bentuk yang unik dan lembut.

Umumnya, bayi baru lahir sering sekali menangis dan rewel di malam hari. Namun kondisi ini merupakan hal yang wajar terjadi. Meskipun suatu hal yang sering terjadi, tetap saja para orang tua harus mengetahui penyebab mengapa bayi rewel agar menemukan solusi yang tepat untuk menenangkannya.

Apalagi kualitas tidur yang baik pada bayi itu sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Bahkan, menurut Jodi Mindell, seorang pakar tidur anak di Children’s Hospital of Philadephia, mengatakan bahwa tidur memberikan kesempatan untuk bayi dalam mengistiratkan tubuhnya, serta dapat membantu dalam meningkatkan proses metabolismenya.

Apabila kondisi bayi rewel di malam hari tersebut sering terjadi, bukan hanya berdampak pada bayi, namun para orang tua pun akan kelelahan, waktu tidur berkurang bahkan untuk para ibu dapat memicu kondisi baby blues. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasinya yang bisa kamu praktikkan.

1. Tips mengatasi bayi rewel di malam hari

Botol susu Comotomo (dok. Comotomo)

Kondisi bayi menangis dan rewel di malam hari dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti lapar, popok basah, kelelahan, kegerahan, sakit, perut kembung, kolik, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pentingnya para orang tua mengetahui penyebabkan agar dapat segera diatasi. Yuk, simak beberapa cara mengatasi anak yang sering rewel di malam hari:

  1. Beri cukup ASI: ASI merupakan nutrisi terbaik untuk bayi karena memiliki banyak kandungan unsur zat yang sesuai dengan kebutuhan bayi baik untuk fisik, psikologi, sosial, maupun spiritual. Salah satu kandungan yang terdapat pada ASI ialah protein, yang dapat mempermudah proses tidur pada bayi. Sehingga, pemberian ASI yang sesuai kebutuhan memungkingkan bayi dapat tertidur dengan nyenyak
  2. Pijat bayi: Pijat bayi memiliki banyak manfaat pada bayi seperti membantu sistem kekebalan tubuh bayi, melatih relaksasi, membantu tidur lebih nyenyak, serta bantu dalam sistem pencernaan dan pernafasan. Pijat bayi yang diberikan seperti usapan-usapan atau sentuhan-sentuhan yang disebut stimulus touch.
  3. Gendong bayi: Menggendong yang dibarengi dengan gerakan lembut seperti mengayun bayi dapat membantu menenangkan bayi ketika rewel.
  4. Cek kondisi popok: Bayi rewel dapat disebabkan karena popok yang sudah penuh dengan urine dan kotoran yang membuatnya menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, perlunya cek berkala popok bayi agar tidak mengganggu tidurnya.
  5. Pastikan bayi tidak kolik dan kembung: Kondisi kolik serta perut kembung sering sekali menjadi penyebab bayi rewel di malam hari berjam-jam. Kondisi ini kemungkinan dapat terjadi karena banyaknya gas yang masuk ke dalam perut bayi ketika minum susu. Salah satu solusinya para orang tua dapat mengganti botol susu yang telah dilengkapi dengan fitur anti kolik.

Baca Juga: 72 Nama Bayi Laki-Laki Islami Keren 3 Kata Awalan A

2. Pilih botol susu yang tepat

Botol susu Comotomo (dok. Comotomo)

Botol susu COMOTOMO telah menjadi botol susu terbaik dan dipilih oleh banyak orang tua sebagai botol susu sang buah hati. Botol susu efektif dalam mencegah dan mengatasi kondisi kolik pada bayi, karena telah dilengkapi dengan fitur Dual Anti-Colic Vent terbaik yang dapat membantu dalam memperlancar sirkulasi udara pada botol, sehingga buat anak dapat minum susu tanpa menelan udara.

COMOTOMO sebelumnya telah melakukan pengujian kepada bayi yang sering terbangun di malam hari dan menangis terus menerus dengan mengganti botol susu mereka menggunakan COMOTOMO BABY BOTTLE selama 1 Bulan.

Hasil menunjukkan, setelah 1 bulan menggunakan COMOTOMO Baby Bottle, Mommy merasakan proses menyusui semakin lancar dan si kecil dapat tidur dengan nyenyak tanpa rewel dan drama menangis terus menerus di malam hari. Tidak hanya itu, pengujian juga menunjukan bila COMOTOMO membantu memperlancar sirkulasi udara sehingga flow susu mengalir secara teratur.

Dengan COMOTOMO Baby Bottle, orang tua melihat perubahan pada si kecil yang dapat tidur dengan nyenyak tanpa rewel dan drama menangis terus menerus di malam hari. Ini karena Comotomo juga memperlancar sirkulasi udara sehingga flow susu mengalir secara teratur dan tidak terminum di dalam susu.

Selain itu, COMOTOMO membantu proses menyusui semakin lancar karena bentuknya yang unik dan lembut. Bahkan, sempat membantu anak yang terlanjur bingung puting dari botol lain untuk kembali mau menyusui langsung dari ibu nya setelah menggunakan COMOTOMO.

Verified Writer

Alma S

I don’t have to say a word. That’s why I like writing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya