TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips agar Ibu Hamil Siap Hadapi Persalinan, Bisa Atasi Rasa Cemas 

Lebih rileks saat persalinan tiba

Ilustrasi pasangan sedang melakukan foto hamil(pexels.com/Alfred Ngala Yoyin Adventist)

Jelang proses persalinan terkadang membuat ibu sering merasa was-was dengan kondisi bayi maupun dirinya sendiri. Persiapan mental bagi ibu hamil merupakan langkah penting yang harus dilakukan meskipun terkadang seringkali terabaikan. Perlu kamu tahu bahwa siap secara mental sangat berpengaruh terhadap proses persalinan yang akan dilakukan.

Paham tentang pentingnya kesehatan mental dalam proses persalinan, membuat ibu hamil bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik dengan apa yang akan terjadi selama proses persalinan. Lalu apa yang perlu ibu hamil lakukan agar bisa siap secara mental? Langkah apa yang bisa dilakukan agar ibu hamil bisa melahirkan dengan lancar dan tenang? Yuk, cari tahu jawabannya di ulasan berikut!

Baca Juga: 5 Cara Persalinan Induksi Alami, Apakah Bumil Sudah Mencobanya?

1. Edukasi dan punya informasi yang cukup

Ilustrasi konsultasi dengan dokter kandungan(pexels.com/Mart Production)

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memperoleh edukasi yang cukup tentang bagaimana proses persalinan berlangsung. Paham dengan tahapan yang akan dilalui saat proses persalinan bisa membuat ibu hamil bisa merasa lebih siap secara mental dan emosional.

Ikut serta dalam kelas ibu hamil yang ada rumah sakit atau tempat kesehatan yang ada lingkungan sekitar, baca buku-buku seputar kehamilan dan persalinan, atau mencari informasi dari internet bisa memberikan edukasi yang baik tentang apa yang akan terjadi selama proses persalinan.

2. Latihan relaksasi dan pernapasan

Ilustrasi ibu hamil sedang relaksasi(Pavel Danil yuk)

Teknik relaksasi dan pernapasan bisa sangat berguna untuk mengatasi stres dan rasa cemas yang sering muncul menjelang waktu persalinan. Ibu hamil bisa melakukan latihan seperti meditasi atau yoga agar mudah untuk mengendalikan pikiran dan emosi mereka.

Sehingga saat mendekati waktu persalinan tiba bisa lebih tenang dan punya kesiapan yang matang. Selain itu, latihan pernapasan yang baik juga bisa membantu mengurangi ketegangan otot dan mengurangi rasa tidak nyaman selama proses persalinan.

3. Paham tentang waktu persalinan yang bisa terjadi kapan saja

Ilustrasi ibu hamil sedang mencoba bersikap tenang(pexels.com/Thiago Zanutim Lucas)

Ibu hamil pasti sudah punya prediksi tentang kapan jadwal pasti persalinannya. Namun ibu hamil juga perlu menyadari bahwa persalinan seringkali tidak berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan.

Sangat penting untuk punya rencana yang matang namun tetap fleksibel dengan perubahan jadwal yang mungkin terjadi. Kamu bisa menyiapkan segala keperluan persalinan jauh sebelum hari yang sudah ditetapkan, sehingga kamu bisa lebih siap. Paham dengan kondisi persalinan yang tidak bisa diprediksi sepenuhnya, membuat ibu hamil lebih siap untuk menghadapi situasi yang mungkin saja berubah.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Dokumen yang Wajib Dibawa saat Persalinan

4. Perlu dukungan dari pasangan

Ilustrasi suami yang selalu disamping istrinya yang hamil(pexels.com/Ivan Samkov)

Dukungan dari pasangan, keluarga, dan teman merupakan hal yang sangat penting untuk menyiapkan mental sebelum persalinan. Berbicara dengan orang yang sudah pernah mengalami proses persalinan atau bergabung dengan kelompok ibu hamil, bahkan berkonsultasi bisa memberikan dukungan yang berharga.

Melalui dukungan yang didapat tersebut, ibu hamil bisa merasa lebih didukung dan didengar dan bisa lebih siap mengahadapi persalinan. Punya orang yang selalu mendukung dan siap secara mental bisa membuat ibu hamil lebih rileks dalam menghadapi proses persalinan.

5. Siap dengan apa pun yang terjadi

Ilustrasi ibu hamil trisemester tiga(pexels.com/Leah Newhouse)

Persalinan merupakan proses alami yang bisa berjalan dengan lancar namun juga tidak menutup kemungkinan dengan hal-hal yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, siap dengan apa pun yang terjadi dalam proses persalinan sangatlah penting.

Meskipun keinginan semua ibu hamil adalah persalinan yang normal, sadar bahwa setiap persalinan punya resikonya sendiri bisa membantu mengurangi kecemasan yang berlebihan. Persiapkan diri secara mental untuk menerima berbagai kemungkinan, ibu hamil bisa menghadapi persalinan dengan lebih tenang dan percaya diri.

Menyiapkan mental sebelum persalinan merupakan langkah penting bagi ibu hamil, agar ibu hamil punya kekuatan dan lebih percaya diri untuk menghadapi momen penting dalam hidupnya. Selamat atas kehamilan kamu dan semoga persalinan kamu lancar, ya!

Baca Juga: 9 Latihan untuk Menginduksi Persalinan

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya