TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Bayi Rewel Malam Hari

Usahakan untuk tetap tenang

Ilustrasi bayi dengan ibunya(pexels.com/RDNE Stock project)

Malam hari adalah waktu yang paling tenang dan damai untuk istirahat, tetapi ini gak berlaku bagi orangtua yang mempunyai bayi. Waktu seperti ini bisa menjadi waktu yang penuh tantangan saat bayi mereka mulai rewel. Apalagi pada saat larut malam ketika orangtua sudah mulai merasa lelah, menghadapi tangisan bayi yang tak kunjung reda bisa sangat melelahkan dan menguras emosi.

Banyak faktor yang membuat bayi rewel tengah malam mungkin karena dia merasa lapar atau ada hal yang lain. Menangani situasi seperti ini memang perlu sikap tenang dan penuh perhatian agar bayi kembali tenang dan tidur nyenyak. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat bayimu rewel tengah malam. Simak, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Mainan untuk Bayi

1. Perhatian kebutuhan bayi

Ilustrasi bayi minum susu formula(pexels.com/Keira Burton)

Salah satu penyebab umum yang bikin bayi kamu rewel tengah malam adalah dia merasa lapar atau haus. Bayi punya perut kecil dan masih sering membutuhkan asupan makan lebih sering dibandingkan orang dewasa.

Cobalah memberikan susu formula atau ASI jika bayi kamu masih belum disapih. Popok yang basah atau kotor juga bisa membuat bayi merasa gak nyaman. Periksa popok bayi dan ganti jika memang diperlukan. Saat bayi dalam keadaan perut kenyang dan popok masih bersih biasanya dia akan merasa lebih nyaman.

2. Bikin suasana tidur yang nyaman

Ilustrasi bayi tidur(pexels.com/Helena Lopes)

Pastikan untuk mengatur suhu ruangan tempat tidur bayi yang nyaman, tidak terlalu panas atau dingin. Kamu juga bisa menggunakan termometer ruangan agar lebih mudah dalam memantau suhu dan ingat untuk menyesuaikan pakaian tidur bayi dengan cuaca di tempat kamu.

Kondisi ruangan juga punya pengaruh terhadap kenyamanan tidur bayi. Pastikan ruangan dalam kondisi tenang dan tidak terlalu terang. Gunakan tirai untuk menghalangi cahaya yang masuk atau bisa menggunakan lampu tidur dengan cahaya yang redup.

Baca Juga: 5 Cara Praktis Menjaga Rutinitas MPASI Bayi Saat Traveling

3. Periksa kesehatan bayi kamu

Ilustrasi periksa bayi(pexels.com/Rene Terp)

Kadang bayi yang rewel di malam hari bisa menjadi tanda bahwa dia merasa ada yang tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Periksa tubuh bayi mungkin ada gejala seperti demam, ruam, atau tanda-tanda kesakitan lainnya.

Bayi juga bisa rewel karena kolik, saat terlihat tidak nyaman dan sering menangis, cobalah memijat bagian perut dengan gerakan lembut untuk membantu mengeluarkan gas. Menyusui dengan posisi yang benar juga sangat efektif untuk membantu mengurangi masalah kolik pada bayi. 

4. Pilih metode yang bisa menenangkan bayi

Ilustrasi memeluk bayi (pexels.com/Kampus Production)

Terkadang bayi rewel hanya membutuhkan pelukan dan sentuhan lembut dari ibunya agar dia bisa merasa tenang. Cobalah gendong bayi kamu atau membiarkannya tidur di pangkuan. Gerakan seperti membelai atau mengelus punggung bayi juga bisa membantu untuk membuat bayi tenang.

Menggendong bayi dengan cara mengayunnya juga ampuh untuk membantu menenangkan mereka, namun harus dilakukan dengan lembut. Gerakan ini mirip dengan posisi bayi saat berada di dalam rahim, sehingga bisa memberikan rasa nyaman dan aman.

Verified Writer

Binti Nur Rohmah

Life much better

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya