TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Trik Agar Rumah Bebas dari Laron Saat Musim Hujan

Siapa nih yang rumahnya dihinggapi laron?

steemit.com

Selain nyamuk, hewan yang kerap mengganggu saat musim hujan tiba ialah laron. Kerap datang tiba-tiba dalam jumlah banyak, laron menjadi momok yang menakutkan karena  bisa mneyerbu seluruh area rumah. 

Meski hewan ini tak menggigit layaknya nyaman, namun kedatangannya yang meninggalkan sayapnya di dalam rumah menjadikan rumah rawan kotor. Jika rumahmu saat ini "diserbu" laron, lakukan lima hal berikut!

1. Matikan lampu

additudemag.com

Laron sangat suka dengan kondisi ruangan yang terang. Untuk mengalihkannya, sementara matikan seluruh lampu di rumah. maka secara perlahan laron akan pergi dan menuju ke tempat lain yang terang. Setelah memastikan laron benar-benar pergi, nyalakan kembali lampu dan tutup semua akses yang memungkinkan laron masuk kembali.

2. Semprot dengan insektisida

blockheadbrands.com

Cara ini sedikit sensitif jika ada anggota keluarga yang tidak tahan akan aroma insektisida. Menyemprotkan cairan pengusir rayap bisa menjadi salah satu solusi ampuh agar laron lenyap seketika. Agar efektif, semprotkan cairan hanya pada area yang dikelilingi laron, terutama pada area sekitar lampu.

Baca Juga: Kenapa Semut Suka Mendatangi Makanan Manis? Nih Penjelasannya

3. Jebak laron dengan kubangan air

bulawayo24.com

Selain cahaya, laron juga suka akan kondisi kubangan air yang bersih. Masukkan air di dalam tempat yang lebar dan letakkan di bawah lampu yang dikerumuni laron. Air kubangan ini berfungsi menjebak laron hingga mau hinggap di dasar air tersebut.

4. Gunakan cabai merah

mamma.live

Cara alami yang bisa kamu coba ialah dengan menggantungkan cabai merah di sekitar lampu. Secara perlahan, cabai akan mengeluarkan aroma yang kuat saat terpapar sinar lampu. Aroma menyengat dari cabai inilah yang membuat laron tak betah berlama-lama meski di sekitar lampu yang terang.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan yang Ampuh Usir Semut, Gak Perlu Kapur Ajaib

Verified Writer

AKbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya