TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Nasi di Rice Cooker Tidak Cepat Kering, Pernah Baca Sebelumnya?

Perhatikan biar gak terulang di kemudian hari!

ilustrasi nasi dalam rice cooker (freepik.com/jorfer)

Kamu tentu gak asing dengan peralatan dapur yang bernama rice cooker. Yups, alat ini kerap digunakan untuk memasak nasi dengan mudah dan efisien. Alat ini dirancang untuk memastikan nasi matang dengan sempurna tanpa perlu diawasi terus-menerus layaknya panci manual.

Di balik kepraktisan alat ini, ternyata ada beberapa hal yang mungkin akan kamu alami jika salah dalam menggunakannya. Salah satu permasalahan paling umum adalah cepatnya nasi menjadi kering. Biar kamu bisa meminimalisasi permasalahan semacam ini, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan, nih. Baca sampai selesai, ya!

1. Pastikan jumlah air yang digunakan sudah kamu sesuaikan dengan takaran beras

ilustrasi takaran beras (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Saat memasak nasi dengan rice cooker, penting untukmu menyeimbangkan jumlah takaran air dan takaran beras yang digunakan. Setiap jenis beras memiliki kebutuhan air yang berbeda untuk mencapai tekstur yang ideal. Menggunakan terlalu banyak air dapat menyebabkan nasi menjadi terlalu lembek dan lengket, sedangkan terlalu sedikit air bisa membuat nasi menjadi keras, kering, dan kurang matang.

Mengingat hal tersebut, sangat penting untuk mengikuti petunjuk yang biasanya disertakan dalam kemasan beras atau panduan rice cooker. Beberapa rice cooker modern bahkan sudah dilengkapi dengan tanda takaran air di dalam panci masaknya untuk lebih memudahkan penggunanya. Nah, biar nasimu gak cepat kering lagi, coba pastikan kembali seperti apa takaran air yang sesuai dengan jenis berasmu, ya.

2. Cuci beras dengan benar

ilustrasi mencuci beras (freepik.com/pixel-shot.com)

Mencuci beras dengan benar ternyata memiliki pengaruh terhadap kekeringan nasi setelah dimasak. Saat beras dicuci, kelebihan pati yang menempel pada permukaan butiran beras akan terangkat bersama air cucian beras tersebut. Jika pati ini tidak dihilangkan, ternyata nasi yang dimasak bisa menjadi lebih lengket dan cenderung kering lebih cepat setelah dimasak, lho.

Pati berlebihan dapat membuat nasi menjadi menggumpal, yang pada akhirnya mengurangi kelembutan dan kelembapan nasi. Mencuci beras juga tidak hanya berkaitan dengan kebersihan, tetapi juga untuk menjaga kualitas nasi yang dihasilkan, termasuk mencegah nasi menjadi cepat kering setelah matang. Dengan mencuci beras hingga air cucian jernih, artinya kamu memastikan bahwa hasil nasimu akan lebih pulen, lembut, dan tetap lembap dalam waktu yang lebih lama.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Rice Cooker yang Tepat bagi Anak Kos, Ukuran Kecil!

3. Jangan masak beras dengan porsi banyak sekaligus

ilustrasi nasi di dalam rice cooker (freepik.com/user4266146)

Memasak nasi dalam jumlah besar memang terkesan praktis, terutama untuk keluarga besar atau acara tertentu. Namun, memasak nasi dalam porsi banyak ternyata dapat membuat nasi lebih cepat kering jika tidak segera dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh waktu pemanasan yang lebih lama dan lebih banyak permukaan nasi yang terkena udara setelah matang.

Uap air akan perlahan-lahan menguap dan nasi yang ada di bagian atas atau pinggir cenderung kehilangan kelembapan lebih cepat saat nasi didiamkan terlalu lama dalam rice cooker. Demi menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memasak nasi dalam porsi yang lebih kecil dan sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan begitu, kamu dapat mengonsumsi nasi dalam keadaan fresh dan pulen tanpa merasa teksturnya terlalu kering. 

4. Tambahkan sedikit minyak atau mentega

ilustrasi satu sendok mentega (freepik.com/user4266146)

Menambahkan sedikit minyak atau mentega ke dalam air saat memasak nasi adalah trik sederhana yang efektif untuk menjaga kelembapan nasi. Minyak atau mentega yang bertindak sebagai pelapis pada butiran beras membantu mencegah penguapan air berlebihan selama proses pemasakan. Lapisan ini juga membantu memisahkan butiran nasi, sehingga nasi tidak mudah menggumpal atau lengket.

Kandungan lemak dalam minyak atau mentega juga terbukti dapat membantu mengunci kelembapan di dalam nasi, membuatnya tetap lembut dan tidak cepat mengering. Selain manfaat praktis, penambahan minyak atau mentega juga memberikan aroma dan rasa yang lebih lezat pada nasi. Kendati demikian, pastikan kamu menggunakan minyak secukupnya saja karena penggunaan terlalu banyak bukannya malah menambah nikmat tetapi bisa membuat nasi terasa berminyak.

Verified Writer

Yulia Nor Annisa

instagram: annisains

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya