TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Unik Mengatur Waktu antara Kuliah dan Organisasi

Temukan ritmenya, dan semuanya bisa terasa lebih mudah

ilustrasi beberapa orang melakukan aktivitas bersama (freepik.com/freepik)

Menjadi mahasiswa itu seru banget, tapi juga penuh tantangan, terutama soal ngatur waktu. Apalagi kalau kamu aktif di organisasi, pasti rasanya tugas dan kegiatan datang bertubi-tubi tanpa henti.

Di satu sisi, kamu harus fokus sama kuliah biar nilai tetap bagus, tapi di sisi lain, kegiatan organisasi juga gak kalah penting buat pengembangan diri. Makanya, ngatur waktu antara kuliah dan organisasi itu jadi PR besar yang harus kamu atasi.

Tapi tenang, gak semua hal yang kelihatannya ribet itu susah dilakukan kok. Dengan beberapa trik dan cara yang sedikit out of the box, kamu bisa kok menjalani keduanya dengan lancar.

Di artikel ini, kita akan bahas lima cara unik yang bisa kamu coba untuk mengatur waktu antara kuliah dan organisasi. Biar kamu tetap bisa aktif, tapi gak kelabakan. Yuk, langsung kita bahas satu-satu!

1. Buat jadwal mingguan yang fleksibel

ilustrasi mengatur jadwal (pexels.com/Vlada Karpovich)

Pertama-tama, coba deh buat jadwal mingguan yang fleksibel. Namun, bedain sama jadwal biasa ya! Jadwal ini lebih bersifat panduan yang bisa kamu sesuaikan sesuai situasi. Misalnya, kamu tahu kalau Senin ada rapat organisasi, maka atur waktu belajarmu di pagi atau malam hari.

Kuncinya adalah fleksibilitas. Jangan terlalu kaku sama jadwal yang kamu buat sendiri. Kalau tiba-tiba ada rapat mendadak, kamu bisa geser waktu belajarmu ke waktu lain. Dengan jadwal yang fleksibel, kamu bisa menghindari stres dan tetap bisa menyelesaikan tugas kuliah sekaligus aktif di organisasi.

2. Prioritaskan tugas berdasarkan deadline

ilustrasi belajar (pexels.com/George Milton)

Sering kali kita kebingungan mau ngerjain tugas yang mana dulu, apalagi kalau tugas kuliah dan tanggung jawab organisasi datang bersamaan. Nah, salah satu cara unik yang bisa kamu coba adalah dengan memprioritaskan tugas berdasarkan deadline.

Caranya simpel, bikin daftar tugas yang harus diselesaikan dan urutkan berdasarkan tanggal deadline-nya. Dengan begini, kamu bisa lebih fokus ngerjain yang paling mendesak dulu, tanpa harus panik karena kejar-kejaran dengan waktu. Setelah tugas yang deadline-nya lebih dekat selesai, baru deh kamu bisa lanjut ke yang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi Saat Kuliah

3. Manfaatkan waktu luang kecil

ilustrasi memegang buku dan laptop (pexels.com/George Milton)

Waktu luang kecil itu sering banget diabaikan, padahal kalau dimanfaatin dengan baik bisa sangat membantu lho! Misalnya, ketika lagi nunggu kelas dimulai atau di sela-sela rapat organisasi, kamu bisa nyicil baca materi kuliah atau nyusun draft tugas.

Gak harus langsung kelar kok, yang penting ada progress. Dengan memanfaatkan waktu luang kecil, kamu bisa mengurangi beban tugas yang menumpuk dan tetap update dengan kegiatan organisasi. Multitasking kecil-kecilan kayak gini bisa jadi trik jitu buat tetap produktif.

4. Gunakan teknologi untuk membantu

ilustrasi to do list di ponsel (freepik.com/rawpixel.com)

Di era digital kayak sekarang, banyak banget aplikasi yang bisa bantu kamu mengatur waktu. Mulai dari aplikasi to-do list, kalender digital, sampai aplikasi catatan yang bisa diakses kapan aja. Kamu bisa memanfaatkan teknologi ini buat mengatur jadwal, reminder tugas, dan agenda rapat organisasi.

Misalnya, kamu bisa pakai Google Calendar buat ngingetin jadwal rapat dan deadline tugas. Atau pakai aplikasi to-do list kayak Todoist untuk nge-track progres tugas-tugas kamu. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa lebih mudah mengatur waktu dan nggak gampang lupa sama kewajiban-kewajibanmu.

Verified Writer

Segitiga Musim Panas

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya