TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meski Gak Cumlaude, 5 Hal Ini Tetap Bisa Kamu Banggakan Setelah Lulus

#EdFunFact IPK bukan satu-satunya penentu kesuksesanmu

Instagram.com/yulyulk

Momen wisuda memang bisa bikin gembira dan sedih, ya. Gembira karena pada akhirnya perjuanganmu menyelesaikan skripsi terbayar sudah. Namun, sedihnya adalah kamu tidak berada di kursi VIP dan dipanggil sebagai lulusan cumlaude. Deretan lulusan yang sudah maju ke depan untuk bersalaman dengan rektor bikin bangga orang tua banget.

Namun, ada banyak hal yang membuat kita lebih bermanfaat dan bernilai selain gelar cumlaude. Berikut ini merupakan hal-hal yang lebih membanggakan sebagai jebolan kampus dan bermanfaat di kehidupanmu yang nyata. Yuk, simak!

1. Prestasi spesifik di bidang lain

Unsplash/BrookeCagle

Jangan sedih kalau nyatanya kamu gak cumlaude. Jika kamu punya prestasi di bidang lain seperti olahraga, karya tulis ilmiah, seni dan lainnya, kamu harusnya lebih patut berbangga. Artinya, kompetensi kamu jauh lebih jelas.

2. Punya pengalaman kerja

Unsplash/alghazali

Selain lulus kuliah dalam waktu singkat, memiliki pekerjaan juga bikin orangtua bangga sama kamu. Nah, jika saat kuliah kamu justru sibuk juga mencari pengalaman bekerja, kamu jadi lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang konsisten kelak. Jadi, jangan khawatir jika IPK-mu tidak mencapai posisi cumlaude.

3. Sudah mantap menetapkan karier

Unsplash/rawpixel

Pekerjaan yang kamu pilih belum tentu merupakan kariermu. Tapi, karier sudah pasti pekerjaan yang akan kamu tekuni hingga memiliki pencapaian-pencapaian besar. Tidak mudah membangun karier. Kamu harus memulainya secepat mungkin agar karirmu lebih jelas dan terarah sehingga tidak muncul keraguan dan kegalauan pasca lulus nanti.

Masa-masa kuliah sangat cocok bagimu menentukan dan mempersiapkan karir yang tepat. Di fase ini, banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Lomba, kompetisi, part-time, organisasi dan program kampus adalah sarana yang bagus untuk mengasah seluruh potensi yang kamu miliki.

4. Punya tabungan dan investasi

Unsplash/SharonMcCuthceon

Jika kamu sudah memiliki tabungan, kamu patut bernapas lega. Apalagi kalau sudah memiliki investasi. Kedua hal itu bisa dimanfaatkan di saat genting seperti sakit parah, membantu keluarga, menikah dan sejenisnya. Banyak para lulusan yang tidak menabung selama menjadi mahasiswa. Akibatnya, masih mengandalkan orang tua demi mengatasi masalah yang dihadapi.

Verified Writer

Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya