TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Negara Pendiri ASEAN Beserta Tokohnya, Siapa Saja?

Punya peran penting di Asia Tenggara, lho

ilustrasi negara pendiri ASEAN (pixabay.com/Nguyenthuantien)

Indonesia termasuk anggota ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Organisasi di kawasan Asia Tenggara ini terdiri dari 11 anggota negara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Timor Leste.

Ternyata, gak semua anggota tersebut adalah negara pendiri ASEAN. Hanya ada 5 negara pendiri yang diwakili 5 tokoh dalam pembentukannya.

Nah, mana saja negara pendiri ASEAN? Simak dalam penjelasan ini, ya.

Baca Juga: 4 Negara ASEAN yang Wajib Dikunjungi, Mana Saja?

Sejarah dan proses terbentuknya ASEAN

ilustrasi ASEAN (commons.wikimedia.org)

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967. Negara pendiri ASEAN terdiri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Proses terbentuknya ASEAN dimulai pada 1961 ketika Indonesia, Filipina, dan Thailand membentuk Association of Southeast Asia (ASA) sebagai forum perdagangan dan kerjasama ekonomi antara negara-negara tersebut.

Namun, ASA memiliki cakupan yang terlalu kecil sehingga tidak bisa menampung negara-negara di kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan. Lalu pada tahun 1967, negara-negara pendiri ASA bergabung dengan Malaysia dan Singapura untuk membentuk ASEAN.

Tokoh yang mewakili pembentukan ASEAN:

  1. Indonesia diwakili Adam Malik
  2. Filipina diwakili Narciso Ramos
  3. Singapura diwakili Sinnathamby Rajaratnam
  4. Malaysia diwakil Abdul Razak Hussein
  5. Thailand diwakili Thanat Loman.

Berkat kerjasama yang erat antara para pemimpin negara pendiri, ASEAN berhasil memperluas jangkauannya hingga ke negara-negara lain di Asia Tenggara, seperti Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, dan Kamboja. Perkembangan ASEAN terus berlangsung hingga saat ini. Hingga ASEAN diketahui sebagai organisasi regional yang berperan penting dalam kancah internasional.

Peran negara pendiri ASEAN

ilustrasi peta ASEAN (commons.wikimedia.org)

Setiap negara pendiri ASEAN mempunyai peranan penting dalam membangun ASEAN. Mereka menjadikan ASEAN sebagai organisasi internasional yang penting dan kuat di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini peran dari negara pendiri ASEAN:

  • Indonesia

Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, Indonesia berpengaruh besar dalam mendorong terbentuknya ASEAN. Indonesia juga memainkan peranan penting dalam konferensi ASEAN pertama hingga keenam, dan berhasil membawa perhatian internasional ke Asia Tenggara.

  • Malaysia

Malaysia berperan dalam pembentukan kawasan ekonomi terpadu ASEAN dan berhasil membuka pasar yang lebih besar bagi negara-negara anggotanya. Selain itu, Malaysia juga membantu meningkatkan kesejahteraan anggota ASEAN melalui program-program ekonomi yang difokuskan pada pengentasan kemiskinan.

  • Filipina

Filipina memainkan peran penting dalam membangun sektor industri di kawasan Asia Tenggara. Terutama dalam penanaman modal asing dan pengembangan industri impor-ekspor barang-barang elektronik dan komputer.

  • Singapura

Singapura sendiri memberikan kontribusi besar pada kemajuan ekonomi ASEAN. Negara ini berhasil memperoleh keuntungan besar dari investasi asing dan membentuk hubungan ekonomi yang kuat di kawasan Asia Tenggara.

  • Thailand

Thailand punya peran dalam kerjasama antar negara ASEAN dalam bidang pertanian dan energi. Selain itu, Thailand terlibat aktif dalam perkembangan industri pengolahan makanan dan minuman.

Baca Juga: Indonesia Diminta Tegur Thailand karena Dinilai Coreng ASEAN 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya