TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keberagaman Masyarakat Indonesia: Budaya, Suku, dan Agama

Mengenal keberagaman Indonesia lebih dekat!

ilustrasi keberagaman masyarakat Indonesia (pexels.com/Sony Feo)

Terdapat berbagai macam keberagaman masyarakat Indonesia, mulai dari budaya, suku bangsa, hingga budaya. Indonesia memang dikenal sebagai negara multikultural, yaitu negara yang tergabung dari berbagai macam perbedaan.

Keanekaragaman tersebut berkembang dan memberikan identitas budaya yang kuat di Indonesia. Pada artikel kali ini akan membahas bentuk-bentuk keberagaman di Indonesia. Yuk, simak selengkapnya!

 

Baca Juga: 10 Suku Terbesar di Indonesia, Bentuk Kekayaan dan Keberagaman!

1. Keanekaragaman budaya Indonesia

ilustrasi candi Prambanan di Indonesia (pexels.com/Pixabay)

Keberagaman masyarakat Indonesia pertama terletak pada keanekaragaman budayanya, mencakup makanan, musik, tarian, dan lainnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan ada istiadat yang berbeda-beda.

Setiap suku memiliki kesenian dan warisan budaya yang unik. Kekayaan budaya inilah yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya.

2. Keberagaman suku bangsa di Indonesia

ilustrasi suku bangsa di Indonesia (unsplash.com/Surya Prakosa)

Dikutip Portal Informasi Indonesia, terdapat 300 kelompok etnik atau suku bangsa dan 1.340 suku bangsa yang berada di Indonesia. Suku-suku tersebut tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Setiap suku memiliki kebudayaan, tradisi, serta bahasa yang berbeda-beda. Keberagaman suku bangsa ini menambah kekayaan warisan budaya di Indonesia.

Baca Juga: Norma Kesopanan: Pengertian, dan Contohnya 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya