TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Nama Buah dalam Bahasa Bali, Sudah Pernah Dengar?   

Gedang itu pepaya, kalau di Jawa itu pisang #LokalIDN

unsplash.com/Eersahin

Salah satu hal menarik dari Indonesia adalah kaya akan bahasa, setiap daerah memiliki bahasa berbeda dengan ciri khasnya masing-masing. Banyak penyebutan kata yang berbeda dari daerah satu dengan daerah lain, tapi perbedaan itu terasa seru jika kita mencoba untuk mengetahuinya. 

Salah satunya adalah penyebutan nama buah dalam bahasa Bali, penasaran apa saja? Yuk simak enam nama buah di bawah ini!

1. Poh (mangga)

unsplash.com/Hotchicksing

Dalam bahasa Bali mangga sering disebut poh. Ketika kamu berkunjung di pasar tradisional Bali, kamu akan menemukan para penjual yang menawarkan mangganya dengan mana poh. Untuk penyebutan jenisnya sendiri mangga juga berbeda nih seperti, mangga bacang yang disebut poh pakel. 

Baca Juga: 5 Kata dalam Bahasa Daerah Bangka yang Mirip dengan Bahasa Indonesia

2. Gedang (pepaya)

unsplash.com/Amandalins

Dalam bahasa Bali pepaya juga sering disebut dengan gedang, penyebutan gedang bisa sering kamu dengar ketika berkunjung ke Bali. Teruma ketika kamu sedang merasa panas, kamu bisa banget nih mencoba menu rujak serut gedang. 

3. Sotong (jambu biji)

unsplash.com/Kumuriph

Kalau mendengar kata sotong, apa sih yang terlintas di pikiranmu? Jika salah satu yang terlintas adalah buah jambu biji, maka kamu benar. Di Bali buah jambu biji juga sering disebut dengan nama sotong, kamu sudah pernah dengar belum? 

4. Buluan (rambutan)

pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Kalau di daerahmu rambutan punya penyebutan berbeda tidak? Jika di Bali rambutan memiliki penyebutan yang berbeda yaitu, buluan. Jadi kalau kamu ingin beli rambutan ketika berkunjung ke Bali, coba bilang beli buluan ya ke penjual!

5. Sabo (sawo)

unsplash.com/Satheeshsankaran

Selanjutnya adalah sawo. Di Bali, sawo sering disebut dengan sabo. Buah sabo sendiri merupakan salah satu buah yang banyak peminat karena rasa yang manis, serta tidak cocok dimakan ketika cuaca sedang panas. 

Baca Juga: 7 Nama Anak Hewan dalam Bahasa Bali, Udah Hafal Belum?

Verified Writer

Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya