TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Semantik: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Di bawah cabang ilmu linguistik

contoh semantik dalam tulisan (pexels.com/Aline Viana Prado)

Pernahkah kamu membaca sebuah tulisan dan mencari makna dari kalimat yang ada? Hal ini dikenal dengan semantik, yakni ilmu yang mempelajari tentang makna baik melalui kata maupun simbol. 

Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari tentang makna atau arti yang terkandung dalam suatu bahasa, kode, dan lain-lain. Biar makin paham tentang semantik, simak pengertian simantik dan penjelasan lengkapnya di bawah ini ya. 

1. Pengertian semantik

contoh semantik dalam tulisan (pexels.com/Aline Viana Prado)

Semantik berasal dari bahasa Yunani, yakni semantikos yang artinya memberi tanda penting. Dalam hal ini, semantik dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari makna tanda. Berdasarkan sejarahnya, istilah semantik digunakan pertama kali oleh seorang filolog Prancis bernama Michael Breal pada tahun 1883. 

Kemudian, kata semantik disepakati sebagai istilah yang digunakan dalam ilmu linguistik. Jika disimpulkan, semantik dapat dikenal pula sebagai ilmu yang mempelajari lambang atau tanda seperti kata, yang menyatakan makna serta hubungan dan pengaruhnya terhadap penutur. 

Baca Juga: 7 Kategori Frasa dalam Kaidah Linguistik Bahasa Indonesia

2. Jenis-jenis semantik

contoh semantik dalam tulisan (pexels.com/Victor Freitas)

Setelah memahami pengertian dari semantik, kita akan melihat lebih dalam apa saja jenis-jenis dari semantik. Hal ini akan membantumu dalam mengenali jenis semantik apa yang digunakan bila kamu menemukan dalam sebuah tulisan. Berikut jenis-jenis semantik.

1. Semantik leksikal

Jenis semantik yang pertama adalah semantik leksikal. Semantik leksikal merupakan jenis semantik yang objek penelitiannya adalah leksikon dari suatu bahasa, misalnya bahasa Indonesia.

2. Semantik gramatikal

Selanjutnya, ada semantik gramatikal. Semantik ini merupakan jenis semantik yang objek penelitiannya adalah makna-makna gramatikal dari tataran morfologi.

3. Semantik sintaksikal

Semantik sintaksikal merupakan jenis semantik yang sasaran penyelidikannya bertumpu pada hal-hal yang berkaitan dengan sintaksis.

4. Semantik maksud

Terakhir, ada semantik maksud. Semantik ini merupakan jenis semantik yang berkenaan dengan pemakaian bentuk-bentuk gaya bahasa, seperti metafora, ironi, litotes, dan lain-lain. 

3. Manfaat semantik

contoh semantik dalam tulisan (pexels.com/Enzo Muñoz)

Semantik memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu seseorang yang bekerja di bidang jurnalistik. Dalam hal ini, kita bisa ambil contoh jurnalis yang akan menulis berita tentang suatu peristiwa bencana.

Tentu jurnalis tersebut tidak bisa memasukkan kata-kata secara sembarangan. Dengan adanya semantik, jurnalis tersebut akan memilah kata yang sesuai terlebih dahulu. 

Contoh lain adalah semantik dapat digunakan juga untuk para pendidik seperti guru. Pengetahuan tentang semantik akan memberikan pengetahuan lewat manfaat teoritis dan praktis.

Baca Juga: 5 Karakteristik Anak yang Memiliki Kecerdasan Linguistik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya