TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Packing Adalah: Pengertian dan Fungsinya

Mengemas suatu produk bisa menentukan daya ketahanan

ilustrasi packing atau pengemasan barang (pexels.com/Kampus Production)

Kata packing berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti pengepakan. Nah, packing biasanya dibutuhkan untuk menempatkan barang-barang dalam sebuah wadah. Tentu packing dilakukan agar barang supaya awet, rapi, dan tidak mudah rusak.

Dalam teknik teknologi pangan, ada beberapa proses, seperti pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Pengemasan ataupun pengepakan berfungsi untuk menjaga makanan agar tahan lama dan awet.

Lalu, ada juga kedap udara yang dibutuhkan dalam pengemasan atau pengepakan barang-agar tidak mudah rusak. Untuk penjelasan tentang pengertian packing hingga kedap udara yang lebih detail, simak ulasannya berikut ini. Check this out!

Baca Juga: Semantik: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

1. Pengertian packing

ilustrasi packing atau pengemasan barang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Packing adalah proses pengemasan barang dengan cara membungkus. Hal ini dilakukan karena mengemas suatu produk bisa menentukan daya ketahanan atau keawetan barang, termasuk makanan hingga minuman.

Packing bertujuan agar barang tidak rusak, kondisinya tidak berubah, dan tidak mudah pecah. Selain itu, membungkus atau mengepak barang bisa mencegah dari kerusakan luar. Tetapi, penting untuk memilih kemasan yang tepat untuk mempromosikan penjualan barang.

Bahkan, terkadang packing juga berperan dalam pengelompokan barang. Barang yang dikemas berukuran kecil dan besar, bisa dipisahkan di tempat yang berbeda. Dengan ini, penjual akan lebih mudah membedakan barang tersebut.

2. Pengertian kedap udara

ilustrasi packing atau pengemasan makanan pada wadah kedap udara (unsplash.com/ellaolsson)

Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 3 Semester 2, pengemasan kedap udara adalah proses packing yang tidak dapat dimasuki oleh udara sehingga kualitasnya  bisa terjaga. Bahkan, makanan yang dibungkus lebih awet dibanding kemasan biasa.

Menurut KBBI, kedap udara adalah tidak mudah dimasuki oleh udara. Pengemasan kedap udara bertujuan untuk menjaga makanan dari segi rasa, aroma, dan penampilan. Mesin vacuum packaging biasanya digunakan untuk mengemas dengan plastik kedap udara.

Baca Juga: 5 Tips Packing Baju untuk Traveling biar Rapi dan Efisien 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya