TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

11 Macam Alat Musik Tradisional Sunda, Familier dengan Semuanya?

Pernah mainkan salah satunya?

Ilustrasi bermain angklung (kemdikbud.go.id)

Membicarakan mengenai kesenian, Indonesia memang patut diperhitungkan. Apalagi wilayah Jawa Barat dengan suku Sunda. Sunda memiliki banyak sekali kebudayaan yang dapat dibanggakan, mulai dari keragaman alat musik, tari-tarian, hingga upacara adat. 

Alat musik merupakan warisan budaya yang juga dibanggakan oleh masyarakat Sunda. Upacara dan tari-tarian rasanya kurang lengkap jika tidak ditemani oleh musik. Sunda memiliki berbagai macam alat musik yang dapat dimainkan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alat musik Sunda, yuk, simak artikel berikut ini!

Alat Musik Tradisional Sunda

1. Suling

Suling Sunda (tokopedia.com/batarasundamusik)

Suling merupakan alat musik yang familier dan sering dijumpai. Suling Sunda juga sudah menjadi khas kebudayaan Sunda. 

Suling Sunda terbuat dari sejenis bambu bernama tamiang. Sama dengan daerah lain, seruling ini memiliki bentuk tabung dan terdapat sejumlah lubang di bagian badannya. Pada bagian corong suling, ada sebuah pita tipis di dekat lubang kecil yang terbuat dari rotan.

2. Toleat

Toleat (tokopedia.com/anisaliazmi)

Toleat merupakan alat musik tiup yang dimiliki oleh suku Sunda. Alat musik ini disinyalir berasal dari Subang, Jawa Barat. Alat musik toleat bukanlah alat musik yang mudah digunakan. 

Walaupun memiliki bentuk mirip dengan suling, tetapi suara yang dihasilkan lebih mirip dengan saksofon. Cara memainkan alat musik toleat dengan cara ditiup.

3. Tarompet

Tarompet Sunda (tokopedia.com/jovitaa-1)

Tarompet merupakan alat musik yang juga dimiliki oleh suku Sunda. Alat musik ini memiliki nama dan bentuk yang mirip dengan alat musik terompet. Namun, alat musik tarompet terbuat dari kayu. 

Alat musik ini biasanya digunakan untuk mengiringi kesenian suku Sunda seperti pencak silat, reog sisingaan, dan juga kuda renggong. Tarompet biasanya memiliki 7 lubang suara.

4. Angklung

Dokumen Saung Angklung Udjo

Siapa yang tidak tahu angklung? Alat musik tradisional khas Sunda yang satu ini memang sangat populer. Angklung berhasil masuk ke dalam daftar warisan kebudayaan UNESCO. 

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara digoyangkan dan akan mengeluarkan suara. Namun, dalam bermain angklung, diperlukan beberapa angklung dengan ukuran dan jenis berbeda agar dapat mendengar alunan melodi secara keseluruhan.

5. Gamelan Sunda

ilustrasi gamelan sunda (instagram.com/sanggarwaditra)

Gamelan merupakan gabungan dari berbagai instrumen musik. Untuk gamelan Sunda, gamelan meliputi gambang, suling, gong, dan alat-alat musik Sunda lainnya.

Gamelan Sunda merupakan bagian penting dari kebudayaan suku Sunda. Gamelan kerap dimainkan saat acara-acara atau upacara khusus. Gamelan juga dijadikan pendamping tarian atau kegiatan lainnya.

Baca Juga: 10 Potret Pernikahan Beni Mulyana Kakak Lesti, Kental Adat Sunda

6. Calung

ilustrasi calung (sumber: bandung.go.id)

Calung merupakan alat musik yang terbuat dari bambu yang berasal dari Jawa Barat. Berbeda dengan angklung, alat ini dimainkan dengan cara memukul bilah atau ruas yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) dengan pentatonik da-mi-na-ti-la. 

Alat musik bambu pada awalnya digunakan masyarakat Sunda sebagai sarana bersyukur kepada sang pencipta. Kesenian bambu menjadi elemen yang paling penting dalam upacara adat di bidang pertanian. 

7. Karinding

alat musik karinding (commons.wikimedia.org/Ilham.nurwansah)

Karinding merupakan alat musik Sunda yang terbentuk seperti sebuah papan yang panjang, namun sempit. Alat musik ini terbuat dari bambu atau pelepah pohon aren.

Selain digunakan sebagai alat musik tradisional, karinding juga digunakan masyarakat lokal untuk mengusir hama. Uniknya, karinding juga bisa menghasilkan suara-suara serangga seperti jangkrik, belalang, dan wereng. Cara memainkan karinding cukup unik, yaitu dengan diletakkan di bibir satu ujungnya dan bagian lainnya ditepuk agar bisa menghasilkan suara.

8. Kendang

Ilustrasi kendang (pixabay.com/blitarapik)

Kendang adalah variasi dari alat musik gendang yang dapat ditemukan di dalam gamelan Jawa. Kendang terbuat dari kayu dan permukaannya terbuat dari kulit kerbau.

Alat musik kendang merupakan alat musik yang penting dalam pagelaran gamelan. Kendang sebagai pengatur tempo serta ritme dari permainan musik. Tepukan dari pemain kendang dapat digunakan untuk mempercepat atau memperlambat alunan musik sesuai dengan kebutuhan.

9. Kacapi

Alat musik tradisional Kecapi (id.wikipedia.org)

Alat musik kacapi mirip dengan alat musik kecapi yang berasal dari cina. Kacapi biasanya terbuat dari kayu pohon buah kecapi. Kacapi juga memiliki berbagai jenis dan bentuk, yang memiliki fungsi berbeda-beda pula ketika dimainkan.   

Kacapi dimainkan dengan cara dipetik. Oleh karena itu, seseorang harus mengatur senar dari instrumen ini terlebih dahulu, kemudian baru memetik senar yang sudah diatur.

10. Celempung

ilustrasi celempung (twitter.com/@indobangetRTV)

Celempung merupakan alat musik petik lain ciri khas suku Sunda. Celempung terbuat dari kayu dan memiliki panjang tubuh sampai dengan 90 cm. Selain itu, celempung juga memiliki 4 buah kaki untuk menumpu badannya. 

Alat musik celempung terinspirasi dari alat musik kacapi. Kedua alat musik ini cukup sering digunakan dalam sebuah gamelan bernama gamelan siteran.

Baca Juga: 15 Meme Lucu Tebak-tebakan Bahasa Sunda, Bikin Ngakak Euy!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya