TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Januari Hari Korps Wanita Angkatan Laut: Ini Sejarahnya

Selain KOWAD, ada KOWAL juga

korps wanita angkatan laut (koarmada2.tnial.mil.id)

Setiap tahunnya, tepat pada 5 Januari diperingati sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Sejarah KOWAL bermula dari pemberian hak dan kehormatan bagi perempuan di bidang militer sejak tahun 1963.

KOWAL merupakan salah satu pelopor emansipasi wanita di bidang militer yang sebelumnnya diidentikkan dengan kaum pria. Untuk mengetahui sejarah lengkap peringatan Hari Korps Wanita Angakatan Laut, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 3 September Hari PMI: Sejarah dan Bedanya dengan 17 September

1. Sejarah awal KOWAL

Prajurit TNI Angkatan Laut tengah melakukan latihan CARAT bersama Angkatan Laut Amerika Serikat periode 8-10 November 2021 (Dokumentasi TNI AL)

Berawal pada tahun 1963, di mana kaum perempuan diberikan hak, kewajiban, dan kehormatan yang sama dengan kaum pria untuk turut berkiprah dalam bidang militer dan bergabung dengan organisasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL).

Sejarah KOWAL bermula ketika TNI-AL dibentuk tak lama setelah NKRI merdeka, tepatnya pada 10 September 1945. Kemudian, usulan dibentuknya Korps Wanita Angkatan Laut mulai muncul pada tahun 1960-an.

Di lingkungan Angkatan Laut timbul gagasan untuk mengikutsertakan wanita Indonesia dalam bidang pertahanan dan keamanan. Hal itu disambut baik dan mendapatkan dukungan penuh dari Laksamana R.E. Martadinata selaku perintis awal TNI-AL.

2. Persiapan pembentukan KOWAL

korps wanita angkatan laut (kodiklatal.tnial.mil.id)

Beberapa Perwira Staf Pendidikan TNI-AL pergi ke Markas Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat pada Juli 1963. Mereka mempelajari seputar Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) yang telah lahir pada 22 Desember 1960.

Proses pembelajaran tersebut memakan waktu kurang lebih satu tahun untuk mempersiapkan pembentukan KOWAL. Setelah mempelajari dan mempersiapkan dengan matang. Menteri/KSAL mengeluarkan Surat Keputusan pada 26 Juni tentang pembentukan KOWAL.

Pada 5 Januari 1963, pendidikan angkatan pertama KOWAL diikuti oleh 12 orang, yang kemudian dilantik dan menjabat menjadi Perwira KOWAL. Pelantikan ini bertempat di Lapangan Apel MBAL Jalan Gunung Sahari 67, Jakarta.

Baca Juga: 5 Oktober Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI): Sejarahnya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya