TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiga Ensiklik Paus Fransiskus dalam Kunjungan ke Indonesia

Dokumen-dokumen penting dari kepausan

Ilustrasi Paus Fransiskus (instagram.com/franciscus)

Paus Fransiskus dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Tentu lawatan ini juga penting, karena membawa visi misi atau tiga ensiklik Paus Fransiskus. Pemimpin umat Katolik ini akan melakukan dialog perdamaian yang juga menjadi misi sentral dari gereja Katolik dunia.

Lalu apa itu ensiklik? Apa tiga ensiklik Paus Fransiskus? Untuk menjawabnya, kamu bisa menyimak ulasannya sampai selesai di bawah ini.

1. Apa itu tiga ensiklik?

Paus Fransiskus saat menyapa umat Katolik. (instagram.com/franciscus)

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ensiklik adalah surat edaran Paus untuk gereja yang berisi masalah penting, tetapi bukan ajaran definitif dari gereja sehingga dapat diperbarui sesuai dengan perkembangan zaman. Sementara dalam laman Papal Encyclicals, ensiklik kepausan adalah surat yang ditulis oleh Paus kepada audiensi tertentu yang terdiri dari para uskup.

Audiensi para uskup ini dapat mencakup semua uskup di negara tertentu atau semua uskup di seluruh dunia. Menurut etimologinya, ensiklik berasal dari bahasa Yunani, egkyklios, kyklos yang berarti lingkaran dan tidak lebih dari sekadar surat edaran. Di zaman modern, penggunaan istilah ini hampir secara eksklusif terbatas pada dokumen kepausan tertentu.

Dokumen-dokumen kepausan selalu disebut dengan berbagai nama, yang lebih atau kurang menggambarkan karakternya. Misalnya, ada istilah konstitusi, yaitu keputusan yang ditujukan kepada semua umat beriman dan menentukan beberapa masalah iman atau disiplin. Ensiklik merupakan surat dikirim kepada semua uskup di dunia, atau setidaknya kepada semua orang di satu negara tertentu.

2. Tujuan ensiklik kepausan

Ilustrasi Paus Fransiskus (Instagram @franciscus)

Ensiklik kepausan adalah surat edaran resmi yang diumumkan oleh Paus yang biasanya ditujukan kepada seluruh gereja atau terkadang lebih luas lagi. Surat ini diedarkan secara luas atau universal yang memiliki tujuan tertentu.

Melansir CaCatholic, tujuan sebuah ensiklik sebenarnya telah berubah sepanjang sejarah. Tetapi beberapa abad terakhir, ensiklik bertujuan untuk membahas isu-isu global terkini dalam bidang iman dan moral, untuk menjelaskan isu-isu ini dengan kebenaran moral dan teologis dari iman Kekristenan.

Selain itu, ensiklik ini bertujuan untuk mencapai keadilan dan kebaikan bersama dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, karena sifatnya moral, ini adalah area yang menjadi kewenangan Paus dan gereja. Ensilik juga untuk menguatkan persatuan gereja. Dengan memberikan panduan yang jelas, ensiklik menjaga persatuan dan kohesi di antara umat Katolik, serta mencegah perpecahan pandangan atau praktik keagamaan.

Baca Juga: Profil Paus Fransiskus, Pemimpin dan Tokoh Agama Katolik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya