TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Contoh Teks Pranatacara Malam Tirakatan HUT RI Bahasa Jawa

Bisa menjadi referensi kamu

Ilustrasi menulis (pexels.com/picjumbo.com)

Sampai saat ini masyarakat khususnya di Jawa masih banyak yang menyelenggarakan malam tirakatan. Biasanya dilakukan malam sebelum hari kemerdekaan, yaitu 16 Agustus. Dalam momen ini, ada seseorang yang bertugas sebagai pranatacara atau bisa dibilang pembawa acara.

Tapi, sebenarnya pranatacara bukanlah pembawa acara biasa. Berikut ini penjelasannya lengkap dengan contoh teks pranatacara malam tirakatan.

1. Mengenal malam tirakatan

Ilustrasi malam tirakatan (unsplash.com/Mizanudin)

Mengutip laman Desa Sitirejo Kabupaten Pati, malam tirakatan hakikatnya adalah perenungan untuk menjadi yang lebih baik lagi ke depannya. Malam tirakatan juga sebagai refleksi diri memaknai hari kemerdekaan yang dilaksanakan malam sebelumnya 16 Agustus.

Selain itu, malam tirakatan bisa dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Lebih lanjut, tirakatan juga sebagai momen untuk mendoakan para pahlawan yang gugur di masa sebelum kemerdekaan. Dalam masyarakat, tradisi bisa dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi.

Baca Juga: Contoh Doa Malam Tirakatan 17 Agustus, Mohon Ampunan dan Kebaikan

2. Apa itu pranatacara?

ilustrasi pembawa acara (pexels.com/Lê Đức)

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pranatacara adalah pembawa acara atau pewara. Namun jika coba dijelaskan lebih mendalam, pranatacara sebanrnya bukan sekadar pembawa acara biasa.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kota Yogyakarta Kelurahan Wirobrajan, pranatacara merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Pasalnya, harus memahami betul susunan suatu acara menggunakan bahasa Jawa krama Inggil.

Itulah sebabnya, sebutan pranatacara sering dihubungkan dengan upacara adat Jawa. Misalnya, dalam acara pengantin (temanten), kematian (kesripahan), pertemuan (pepanggihan), perjamuan (pasamuan), pengajian (pengaosan), pentas, tirakatan, dan seterusnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya