TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Coffee Break? Ini Manfaat dan Asal-usulnya!

Familier dengan istilah ini gak?

Ilustrasi coffee break (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Coffee break mungkin kerap kamu dengar di bidang profesional atau semacam seminar. Biasanya istilah tersebut masuk dalam jadwal rangkaian acara yang sedang berlangsung. Dalam sesi ini kamu bisa memanfaatnya untuk istirahat sejenak atau bercengkerama dengan rekan.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan coffee break? Dari mana asal usul istilah ini? Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

1. Apa itu coffee break?

Ilustrasi coffee break (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Mengutip laman Cambridge Dictionary, coffee break adalah waktu untuk istirahat sejenak dari pekerjaan pada pagi atau sore hari. Biasanya waktunya singkat, dan kamu bisa memanfaatkannya untuk menikmati snack setelah bekerja, meeting, atau sejenisnya.

Mengapa diberi nama coffee break? Sebenarnya hal ini tak lepas dari kebiasaan seseorang yang sedang rehat atau istirahat dari pekerjaannya. Mereka biasanya akan menikmati secangkir kopi maupun teh dan makanan ringan. Selain itu juga bisa sambil ngobrol santai bersama rekan.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Suasana Audiens Saat Seminar, Praktikkan!

2. Asal usul istilah coffee break

ilustrasi coffee break kerja (pexels.com/Khoa Võ)

Mengutip laman Bloomberg, secara singkat asal usul istilah coffee break berkaitan dengan evolusi jam kerja yakni delapan jam sehari, yang diadopsi oleh banyak pabrik pada awal tahun 1900-an. Ketika serikat pekerja semakin populer, jam istirahat yang diwajibkan menjadi hal yang biasa.

Banyak pekerja menggunakan waktu tersebut di tengah-tengah jam kerjanya untuk mengisi ‘bahan bakar’ dengan cara menikmati cangkir kopi yang dicampur dengan krim dan gula. Dalam beberapa dekade, coffee break telah menjadi semacam ‘ritual’ di tempat kerja yang telah diadopsi oleh budaya perusahaan Amerika, bahkan di negara lain.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya