TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Tradisi Walima? Dirayakan saat Maulid Nabi

Tradisi unik masyarakat Gorontalo

Ilustrasi masyarakat Gorontalo melakukan tradisi Walima (dok. Pemprov Gorontalo/Nova)

Umat muslim akan memperingati Maulid Nabi pada tanggal 16 September 2024. Biasanya di momen yang spesial ini, banyak umat yang merayakan dengan pengajian, ceramah, shalawat, dan sejenisnya. Pasalnya hari kelahiran Nabi Muhammad SAW banyak kebaikan dan penuh berkah.

Tapi tak hanya itu, ada tradisi unik bernama Walima yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo saat Maulid Nabi. Seperti apa itu tradisi Walima? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Apa itu tradisi Walima?

Ilustrasi masyarakat Gorontalo melakukan tradisi Walima (dok. Pemprov Gorontalo/Nova)

Mengutip Kemenag Gorontalo, Walima adalah tradisi perayaan Maulid Nabi yang sudah dilakukan secara turun-temurun sejak kemunculan kerajaan-kerajaan Islam di Gorontalo. Diperkirakan, tradisi ini mulai ada di masyarakat Gorontalo sejak mereka mulai mengenal ajaran Islam sekitar abad ke-17.

Ya, meskipun ini merupakan tradisi yang sudah lama, tapi masyarakat masih melaksanakannya sampai sekarang agar tetap terpelihara dan dilestarikan. Dengan begitu tradisi Walima tetap terjagadan diteruskan oleh generasi-generasi berikutnya.

Baca Juga: 25 Caption Maulid Nabi 2024, Indah dan Penuh Kebaikan!

2. Prosesi tradisi Walima

Ilustrasi masyarakat Gorontalo melakukan tradisi Walima (dok. Pemprov Gorontalo/Nova)

Sebenarnya, daerah lain juga memiliki tradisi yang serupa, tapi di Gorontalo memang berbeda dan lebih khas. Masyarakat melakukan tradisi ini dengan penuh cinta dan kesetiaan yang tertuang dalam prosesinya, yakni dilakukan dengan memulai lantunan dikili atau tradisi lisan dzikir masyarakat Gorontalo.

Dalam prosesi ini setiap masjid di seluruh pelosok Gorontalo akan diramaikan oleh umat Islam yang melakukan dzikir yang dimulai setelah isya sampai esok paginya. Masyarakat melakukannya sangat khusyuk dan khidmat, dengan kesungguhan serta kerendahhatian.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya