TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Jayus dalam Bahasa Gaul? Simak Penjelasannya di Sini!

Siapa yang suka jayus, nih?

Ilustrasi bercanda jayus (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Pasti banyak dari kamu yang gak asing dengan istilah jayus. Biasanya kata ini kerap muncul dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, para warganet pun sering memakai kata ini di media sosial, baik itu menjadi bagian dari caption atau membalas komentar.

Lalu sebenarnya apa itu jayus? Bagaimana contoh penggunaannya dalam kalimat? Untuk itu kamu bisa menyimak pembahasannya sampai selesai di bawah ini.

Baca Juga: Apa Arti Bahasa Gaul Ege? Berikut Penjelasannya!

1. Apa itu jayus?

Ilustrasi sedang bercanda (Unsplash.com/Brooke Cagle)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, jayus ternyata sudah di dalamnya. Lalu apa artinya? Dalam KBBI, jayus dikatakan memiliki arti tidak lucu. Hal ini dalam konteks candaan atau ketika seseorang melemparkan joke.

Jadi, ketika ada seseorang yang melemparkan sebuah lelucon tapi bagi orang lain menganggap tidak lucu, itu dikatakan sebagai jayus. Selain itu, kata ini juga menjadi salah satu bahasa gaul yang tidak ada padanannya di bahasa Inggris.

2. Contoh penerapan kata jayus

ilustrasi tertawa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebenarnya tidak ada catatan pasti dari mana istilah jayus ini pertama kali muncul. Namun sempat populer pada film tahun 90-an karena kerap diucapkan dalam dialog film. Ada pula yang menyebut dari nama Djayusman Soepadmo, seorang pelajar yang suka melawak tetapi tidak lucu.

Tapi di luar itu, agar kamu bisa lebih paham perlu tahu juga bagaimana penggunaan kata ini dalam sebuah kalimat atau percakapan. Dengan begitu kamu bisa mengerti konteksnya dan seperti apa dalam menggunakan kaya jayus yang tepat. Berikut contohnya.

A: Lo tahu gak artis yang paling ditunggu pas Lebaran?
B: Emangnya siapa?
A: Aldi THR!
B: Apa sih, jayus banget.

A: Tebak kota apa yang nilainya gak pernah 100?
B: Kota mana emang?
A: Salatiga (salah tiga).
B: Jayus nih. Garing!

A: Kota apa yang paling toxic?
B: Hmm.. Apa yaa?
A: Toxicmalaya (plesetan dari Tasikmalaya)
B: Yee, jayus banget lo.

Baca Juga: Apa Arti Damage Bahasa Gaul? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya