TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Gugus MPLS? Ini Penjelasan dan Maknanya

Harus dipahami calon siswa baru ini

ilustrasi anak sekolah (unsplash.com/Rafael Atantya)

Seperti yang kita tahu sekarang ini sudah mulai memasuki tahun ajaran baru bagi SD, SMP, maupun SMA. Biasanya, mereka akan melakukan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi calon siswa siswi baru. Tujuan utamanya adalah untuk pengenalan semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Selain itu, dalam proses ini mereka akan dibuat gugus untuk mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan panitia. Lalu apa itu gugus dalam MPLS? Simak penjelasannya di sini.

1. Apa itu gugus?

Ilustrasi anak sekolah (unsplash.com/Mufid Majnun)

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, gugus memiliki beberapa definisi. Pertama adalah sebuah kelompok. Lalu beberapa pulau (bintang dan sebagainya) yang berkelompok menjadi satu. Diartikan juga sebagai atom-atom yang lewat melalui deretan reaksi tanpa terpisah, dan terakhir unsur-unsur dengan reaksi serupa.

Jadi, jika coba disimpulkan bahwa gugus merupakan sebuah kelompok yang tidak terpisahkan atau satu rangkaian. Jika dilihat dalam konteks MPLS, gugus merupakan kumpulan peserta didik baru yang menjadi sebuah kelompok. Dalam MPLS, biasanya akan dibagi menjadi beberapa gugus.

Baca Juga: 15 Contoh Surat untuk Kakak OSIS MPLS, Bisa buat Cewek atau Cowok!

2. Siapa yang membuat gugus?

Ilustrasi anak ditemani orangtua di sekolah (instagram.com/guru_esdeh)

Biasanya, gugus MPLS ini dibuat oleh panitia, guru, atau Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Nantinya, peserta didik juga akan diberi tugas kelompok, berpartisipasi dalam diskusi, hingga mengikuti sejumlah permainan yang disediakan panitia.

Para siswa siswi baru ini juga diminta untuk memberi nama unik untuk gugus mereka. Biasanya juga diminta untuk menentukan ketua gugus hingga membuat yel-yel agar bersemangat. Sedangkan jumlah anggota gugus tergantung dari jumlah keseluruhan siswa siswi baru dan ini akan ditentukan panitia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya