TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Jawaban Jazakallah Khairan untuk Perempuan? Ini Penjelasannya

Diberikan pula contoh balasan ucapan jazakallah khairan

ilustrasi berbincang-bincang (freepik.com/freepik)

Ucapan terima kasih termasuk ke dalam tiga kata ajaib yang berperan penting pada proses interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Jazakallah khairan adalah salah satu bentuk ungkapan yang sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan ini bermakna "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan" dan biasanya diucapkan ketika kita menerima bantuan atau pelayanan dari orang lain. 

Namun, tahukah kamu bahwa ucapan Jazakallah khairan ini punya respons yang berbeda ketika ditanggapi oleh perempuan maupun pria. Jika memang berbeda, lantas apa perbedaannya? Artikel ini akan membahas tentang jawaban Jazakallah khairan untuk perempuan dan bagaimana balasan ucapan Jazakallah khairan yang benar. Simak artikel ini sampai habis!

1. Asal muasal kata jazakallah khairan dalam hadis

Ilustrasi Al Quran (unsplash.com/Masjid MABA)

Dalam ajaran Islam, mengucapkan terima kasih kepada sesama Muslim setelah mendapatkan pertolongan merupakan hal penting. Tak heran jika, ucapan terima kasih masuk ke dalam three magic words selain kata maaf dan tolong. Sebagaimana telah diperintahkan Rasul dalam hadis berikut

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ، فَقَالَ لِفَاعِلهِ : جَزَاكَ اللهُ خَيْراً ، فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ )) . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ،

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, ‘Jazakallahu khairan (artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)’, maka sungguh ia telah sangat menyanjungnya.” (HR. Tirmidzi)

Mengutip Rumaysho, dalam Mushonnaf Ibnu Abi Syaibah (5: 322) disebutkan bahwa ‘Umar bin Al Khottob radhiyallahu ‘anhu berkata,

لو يعلم أحدكم ما له في قوله لأخيه : جزاك الله خيرا ، لأَكثَرَ منها بعضكم لبعض

“Seandainya salah seorang di antara kalian tahu akan baiknya doa “Jazakallahu khoiron (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) tentu ia akan terus mendoakan satu dan lainnya.”

Baca Juga: Apa Jawaban Jazakallah Khairan Katsiran? Ini Penjelasannya

2. Arti dari kalimat "Jazakallah khairan"

ilustrasi bertemu saudara sesama Muslim (freepik.com/pch.vector)

Melansir MyIslam, kata "Jazakallah" dalam bahasa Arab berarti "Semoga Allah membalasmu". Namun, ungkapan ini sendiri tidak lengkap, karena bisa saja bermakna "Semoga Allah membalasmu dengan keburukan". Ungkapan yang lengkap adalah "Jazakallahu Khairan" yang berarti "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan".

Seringkali, umat Muslim non-Arab menggunakan versi singkatnya karena lebih mudah dan cepat diucapkan. Meskipun penerima mungkin mengerti maksudnya, hanya mengucapkan "Jazakallah" sebenarnya mengubah makna dari apa yang ingin disampaikan. Dalam hadis juga disebutkan bahwa lebih baik bagi seseorang untuk mengucapkan versi lengkapnya.

3. Lafal jazakallahu khairan dalam Arab beserta ejaan lain

ilustrasi kitab suci Al Quran (unsplash.com/Ali Burhan)

Berikut adalah teks Arab untuk menuliskan jazakallah atau jazakallah khairan:

Jazakallah dalam bahasa Arab:

جزاك اللهُ

Jazakallahu Khairan dalam bahasa Arab:

جزاك اللهُ خيرًا

Beberapa ejaan lain yang umum digunakan:

  • Jazakumullahu khairan
  • Jazakumullahu khair
  • Jazakallah khair
  • Jazakallahu khayran
  • Jazakillah khair

Jazakumallah = bentuk jamak, khairan = kebaikan, khair = baik.

Terdapat sedikit perbedaan dalam mengucapkan doa ini kepada laki-laki dan perempuan. jazakAllah digunakan untuk laki-laki. Sementara, jazakillah digunakan untuk perempuan.

4. Balasan ucapan jazakallah khairan untuk perempuan

ilustrasi sedang berbincang-bincang (freepik.com/freepik)

Sekarang pertanyaannya adalah ketika ada seseorang mengucapkan jazakallah khairan, bagaimana cara menanggapi atau membalas ucapannya untuk perempuan? Meskipun jazakallah khairan adalah doa, tidak ada dalil khusus yang menjelaskan cara menjawabnya.

Beberapa ulama mengatakan bahwa balasan ucapan jazakallah khairan adalah dengan mengucapkan:

  • "Wa jazakallahu khairan" (dan semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan);
  • "Wa iyyaka" (dan kepadamu juga) untuk laki-laki, atau "wa iyyaki" untuk perempuan, atau "wa iyyakum" untuk jamak;
  • "Aamiin" (semoga Allah mengabulkan) atau "aamiin ya Rabb" (semoga Allah mengabulkan ya Tuhan);
  • Wa antum fa jazakumullahu khayran yang artinya dan kamu juga semoga Allah membalas dengan kebaikan. Kalimat ini lebih formal dan bisa ditujukan untuk laki-laki dan perempuan.

Balasan untuk ucapan "jazakallah khairan" tidak perlu persis sama dengan ucapan tersebut. Yang terpenting adalah kita mengaminkan doa tersebut dan menunjukkan rasa syukur serta terima kasih kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita.

5. Contoh percakapan ketika menanggapi jawaban jazakallah khairan untuk perempuan

ilustrasi wanita Muslim (freepik.com/freepik)

Berikut adalah beberapa contoh dan situasi untuk membalas ucapan jazakallah khairan bagi perempuan dalam suatu percakapan sehari-hari:

A: Terima kasih telah membantu saya menyelesaikan laporan ini sebelum tenggat waktu. Jazakallah khairan.
B: Sama-sama. Wa iyyaki. Semoga laporan ini mendapat hasil yang memuaskan.

A: Saya sangat menghargai bantuanmu dalam acara penggalangan dana kemarin. Jazakallah khairan atas kerjasamanya sudah meluangkan waktunya untuk membantu kami.
B: Alhamdulillah, wa iyyaki. Semoga semua amal kita diterima dan mendapatkan berkah.

A: Terima kasih banyak telah merawat anak saya selama saya pergi. Jazakallah khairan atas ketulusanmu.
B: Sama-sama. Wa jazakillahu khairan. Semoga Allah memberikan keberkahan kepada keluarga kita.

Demikian tadi arti dari Jazakallah khairan beserta contoh balasannya. Dengan mengetahui adab dan contoh balasan jazakallah khairan untuk perempuan, kamu bisa menerapkannya dalam interaksi sehari-hari sesama Muslim.

Baca Juga: Makna Syafakallah, Syafakillah, dan Syafakumullah Serta Aplikasinya

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya