TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Judul Manga untuk Belajar Bahasa Jepang Bagi Pemula 

Belajar Jepang jadi asyik dengan 5 manga ini!

Foto manga Yotsuba!, manga yang cocok untuk pelajar Jepang pemula. (Japanesetease.net)

Intinya Sih...

  • Manga Yotsuba&! cocok untuk pemula karena ceritanya tentang kehidupan sehari-hari dan ditulis dalam huruf hiragana.
  • Shirokuma Cafe mengandung bahasa ringan, kosa kata praktis, dan pelesetan bahasa Jepang yang siap menemanimu belajar.
  • Pokemon Adventures, Doraemon, dan Chibi Maruko-chan juga direkomendasikan untuk belajar bahasa Jepang dengan alur cerita yang ringan.

Kalau kamu penggemar anime, manga, dan segala hal berbau budaya populer Jepang, mungkin kamu memiliki impian bisa berbahasa Jepang. Siapa yang tak ingin bisa menonton anime tanpa subtitle, atau mengoleksi manga langsung dalam bahasa Jepang?

Belajar bahasa baru pastinya suatu hal yang menantang, apalagi bahasa Jepang yang tidak menggunakan huruf Latin seperti bahasa Indonesia. Selama belajar, rasa jenuh dan bosan pasti pernah muncul.

Tapi, kamu bisa membuat belajar bahasa Jepang menjadi lebih menyenangkan, kok! Caranya dengan belajar melalui manga. Tentunya, sebagai pelajar pemula, kamu perlu memilih manga yang mudah dibaca. Biasanya manga seperti ini ditulis untuk target pembaca anak-anak. Meski begitu, ceritanya tetap cocok dibaca oleh orang dewasa, kok!

1. Yotsuba&! - Kiyohiko Azuma

Foto manga Yotsuba! yang cocok untuk pelajar Jepang pemula. (Japantease.net)

Serial manga Yotsuba&! rilis tahun 2003 dan masih sering dijadikan bahan belajar bahasa Jepang hingga sekarang. Manga yang terdiri dari 15 volume ini bercerita tentang anak kecil yang menjalani kehidupan dan menghadapi masalah sehari-hari. Karena itu, bahasanya ringan dan bisa langsung dipraktikkan.

Manga Yotsuba&! ditulis dalam huruf hiragana, sehingga sangat cocok bagi pemula yang belum belajar huruf kanji. Teksnya juga dicetak dalam ukuran besar sehingga lebih mudah dibaca oleh pemula.

2. Shirokuma Cafe - Higaaroha

Foto manga Shirakuma Cafe yang cocok bagi pelajar Jepang pemula. (Tofugu.com)

Manga yang cocok untuk belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah Shirokuma Cafe. Manga ini menceritakan kehidupan binatang-binatang yang mengunjungi sebuah kafe milik seekor beruang kutub.

Untungnya, meski ini manga fantasi, bahasa yang digunakan ringan dan kosa katanya pun praktis digunakan di kehidupan sehari-hari. Manga ini juga mengandung pelesetan-pelesetan bahasa Jepang, lho. Shirokuma Cafe yang penuh komedi dan binatang-binatang imut ini siap menemanimu belajar bahasa Jepang!

3. Pokemon Adventures - Hidenori Kusaka

Foto manga Pokemon Adventures, cocok bagi pelajar Jepang pemula. (Yahoo.co.jp)

Baca Juga: Jangan Mangaku, Ini 5 Situs Baca Manga yang Legal dan Resmi

Kamu pasti familiar dengan Pokemon. Franchise yang terkenal karena gamenya ini ternyata memiliki serial manga yang masih berlanjut sampai sekarang, lho. Jika kamu penggemar Pokemon, manga Pokemon Adventures bisa jadi temanmu belajar bahasa Jepang.

Namun, nama-nama Pokemon dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang berbeda. Untungnya, nama-namanya ditulis dalam huruf katakana, sehingga kamu bisa berlatih membaca huruf katakana juga dengan manga ini.

4. Doraemon - Fujiko F. Fujio

Foto manga Doraemon. (Jref.com)

Siapa yang tak kenal Doraemon? Robot kucing berwarna biru ini tidak hanya populer di Jepang, tapi juga di Indonesia. Bahasa yang digunakan di manga Doraemon mudah dimengerti, dan alur ceritanya pun ringan dibaca.

Selain itu, karena komik Doraemon juga telah banyak diterbitkan di Indonesia, kamu bisa berlatih membacanya dalam bahasa Jepang lalu membandingkannya dengan terjemahan Indonesianya.

5. Chibi Maruko-chan - Momoko Sakura

Foto halaman manga Chibi Maruko-chan. (artsandculture.google.com)

Rekomendasi manga untuk belajar bahasa Jepang yang terakhir adalah Chibi Maruko-chan. Plot manga ini ringan, bercerita tentang kehidupan anak perempuan bernama Maruko. Sama seperti judul manga lainnya yang ditulis untuk anak-anak, manga Chibi Maruko-chan menggunakan kosa kata ringan dan frasa yang sering dijumpai dalam kegiatan sehari-hari.

Itu dia 5 rekomendasi manga untuk belajar bahasa Jepang bagi pemula. Belajar bahasa baru tidak harus dibawa serius. Dengan membaca manga, belajar bahasa Jepang jadi seru dan santai. Kamu pun bisa belajar bagaimana menerapkan kosa kata bahasa Jepang dalam konteks praktis. Selamat belajar!

Baca Juga: 7 Potret Koleksi Manga Naruto Ini Bakal Bikin Kamu Kagum!

Writer

Ratnasari Cenreng

An English Studies major with a passion for education and literacy. She hopes to build a better literacy environment.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya