TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Faktor Penting yang Harus Ada untuk Jadi Content Creator Sukses

Kesungguhan usaha akan membuahkan hasil yang nyata

ilustrasi seorang vlogger (pexels.com/Anna Shvets)

Menjadi seorang pembuat konten atau content creator sudah menjadi sebuah pekerjaan yang hasilnya cukup menjanjikan di era sekarang. Banyak yang berhasil menggapai mimpi-mimpinya dan meningkatkan kualitas hidup berkat karya-karya yang dibuatnya. Tentu saja, fenomena seperti ini bisa menjadi inspirasi yang besar, terutama bagi anak muda yang punya segudang ide brilian.

Kendati banyak orang mencoba peruntungan sebagai seorang pembuat konten, ternyata tidak semua mampu meraih hasil yang diharapkan. Kalau melihat dari kejadian seperti ini, sebenarnya apa sih yang salah? Nah, bila kamu ingin menjadi seorang content creator sukses, pastikan telah memiliki beberapa faktor penting berikut ini, ya!

1. Konsep yang segar dan unik

ilustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Seseorang yang bercita-cita ingin menjadi seorang content creator sukses, tetapi meniru hasil pemikiran orang lain tentu tidak akan pernah berhasil. Kamu harus paham, orang sering kali tertarik pada sesuatu yang berbeda, terlebih bila memiliki nilai positif. Jika semua pembuat konten menampilkan hal yang sama, maka tentu akan membosankan.

Nah, supaya kontenmu berhasil memikat penonton, maka persiapan yang matang harus dilakukan. Kamu wajib memiliki konsep yang segar dan unik, sehingga mampu menciptakan ciri khas yang mudah dikenali. Kalau sudah begini, kamu telah berhasil membangun segmen orang-orang yang akan menikmati karyamu.

2. Disiplin dalam jadwal mengunggah konten

ilustrasi perempuan yang sedang merekam kegiatan yoga (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Sebagai seorang pembuat konten, terlebih bila sudah mulai memiliki penikmat tersendiri, maka kamu tidak boleh bermalas-malasan. Pasalnya, ada orang-orang yang selalu menantikan “pertunjukan” apa lagi yang akan kamu hadirkan sekarang. Jika tontonan itu tidak segera mereka dapatkan, bukan hal yang mustahil bila perlahan-lahan kamu akan kehilangan penonton.

Oleh sebab itu, kamu wajib disiplin dalam mengunggah konten ke setiap platform yang digunakan. Tetapkan jadwal, seperti hari dan waktu penayangan konten, sehingga pengikutmu bisa tahu kapan bisa kembali menikmati karyamu. Dengan begini, orang-orang tidak akan bingung atau malah mengabaikanmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Content Plan untuk Penulis, Bikin Konsisten! 

3. Konsisten dalam berusaha

ilustrasi seseorang yang sedang memotret sebuah produk (pexels.com/PNW Production)

Tidak dapat dimungkiri bahwa beberapa content creator bisa tiba-tiba melejit meski tampaknya masih baru mencoba usaha di bidang tersebut. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa sebagian besar dari mereka sebenarnya sudah berusaha sejak lama, hanya saja belum kunjung berhasil, sehingga namanya tidak dikenal. Namun, berkat upaya untuk terus berbenah, pada akhirnya berhasil membuat karya yang ternyata begitu menarik minat penonton dan bisa meraih kesuksesan.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh bermalas-malasan bila ingin menjadi seorang content creator. Kamu dituntut untuk konsisten dalam berusaha, tidak mudah menyerah bila belum memberikan hasil sesuai dengan harapan. Teruslah belajar, memperbaiki apa saja yang masih kurang, dan selalu berinovasi agar mampu menggapai keberhasilan suatu saat nanti, ya!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya